Cara Editing Video Menggunakan After Effect CC Bagi Pemula


belajarnyata.com -  saya akan menjelaskan bagaimana sih menggunakan software adobe after effect digunakan untuk mengedit video, membuat motion graphic, ataupun menambah effect lainnya, sebagai pemula bagi belum paham langkah yang harus dilakukan anda sangat tepat sekali mengunjungi blog ini untuk belajar software adobe after effect. Langsung saja kita bahas bersama di bawah ini.


Langkah pertama 

Buka software adobe after effect, saya menggunakan CS6 kalian terserah CS berapa juga karena sama saja isinya tapi yang dibedakan versi CS6,CC enak tampilannya dan ada fitur tambahan.

Baca Juga : Cara Menganimasikan Teks Pada After Effect

Nah, ini tampilan dari After Effect CS6 dimana setelah dibuka maka akan bertampilan seperti ini yang dinamakan "workspace" tempat sebagai mengedit file, footage, maupun membuat apa saja berhubungan dengan video.


Langkah Kedua 

Oke, kita pilih dari menu "Composition(Ctrl+N)".


Langkah Ketiga 

Maka akan muncul sebuah pengaturan untuk setting nama, ukuran background, waktu durasi video, dan warna background, setelah kalian mengedit sesuai keinginan lalu klik "ok".


Langkah Keempat 

Nah saya sudah tandai garis merah di setiap kolom ini hal penting bagi anda sebagai pertama menggunakan software after effect
1. dinamakan kolom project dan effect control dimana file yang akan kita masukan kedalam after effect akan melalui tahap ini dengan cara mengklik menu "File>Import(Ctrl+I),
2. Ini sebuah background yang berfungsi sebagai melihat file yang kita edit, 
3. Untuk menambah effect, menjalankan video, mengedit ukuran, jenis, warna font, dan lainnya, 
4. Ini disebut Timeline untuk mengedit, menganimasikan sebuah object yang kita inginkan dan akan berupa layer. 

Langkah Kelima 

Selanjutnya pilih menu "Layer>New>Solid".

Langkah Keenam 

Akan mensetting kembali nama, ukuran, warna layer yang sesuai kita inginkan.

Langkah Ketujuh

Akan kurang lebih seperti ini tampilannya.

Langkah Kedelapan 

Sekarang geser terlebih dahulu layernya (Contohnya saya geser layer kekiri), Tinggal mengedit layer di timeline di kolom garis merah, setelah itu klik "keyframe" atau gambar jam di position. 

Langkah Kesembilan 

Geserkan Time Indikator sekitar geser 2 detik, lalu layer yang terdapat di background geser kembali ke posisi semula, setelah itu akan ada tanda seperti tali merah di kolom background itu berarti sudah berhasil menganimasikan layernya.

Langkah Kesepuluh 

Setelah melalui tahap diatas coba kita test videonya di klom background dengan cara mengklik "RAM Preview" yang terdapat di atas pojok kanan lalu klik.

Semoga berhasil guys, kalau anda setelah berhasil dengan apa yang di jelaskan, tolong bantu share, comment kekurangan atau kelebihan pada artikel ini. Bila anda ingin requesrt seputar ilmu multimedia silahkan inbox email.

Baca Juga : Cara Membuat Motion Graphic Pop Up Keren After Effect

Nah kawan beta, kita sudah belajar dari basic adobe after effect dan masih banyak kita akan membahas lebih menarik lagi di tutorial selanjutnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel