Iklan Atas Artikel

Cara Membuat Sebuah Animasi Sederhana Menggunakan Teks Di Adobe After Effect CC




belajarnyata.com - Animasi merupakan sebuah gambar yang mempunyai gerakan dengan frame by frame. Terus bagaimana membuat animasi teks dengan effect menarik, unik, keren pastinya, bahwa setiap menganimasikan bisa cukup tergolong penting karena bisa untuk title, sub title, pada video tapi disini dibuat lebih kece lagi dari pada yang biasanya, oke lanjut pada materi.


Langkah Pertama

Buka After Effect.

Langkah Kedua

Seperti biasa klik Composition>>New Composition(Ctrl+N).


Langkah Ketiga

Nah bakalan ada tampilan untuk mengatur nama, ukuran, warna background, duration timeline video, semuanya terserah kalian mau diatur sesuka hati.

Langkah Keempat

Klik tombol icon teks yang bersimbol huruf  "T" atau tekan (Ctrl+T).

Langkah Kelima

Letakan cursor pada backround lalu klik kiri maka bisa membuat tulisan teks yang anda inginkan. Untuk mengatur jenis font, warna font, ukuran font ada tersedia di pinggir kanan dekat background.

Langkah Keenam

Kita bisa animasikan dengan contoh keyframe opacity hal ini sangat penting karena terlihat smooth, anda bisa juga mengguanakan Scale(untuk memperbesar ataupun memperkecil teks tulisan), Position(Untuk menggeserkan letak object), untuk menganimasikan perhatikan bagian keyframenya karena ini dasar animasi untuk sebuah object.


Langkah Ketujuh

Sesudah klik tombol Icon jam/Keyframe opacity, lalu pada timeline anda geser 1 detik mau kurang lebih terserah kalian,(penjelasannya semakin besar timeline anda geser maka lebih lama object muncul, kalau menggesarnya anda sedikit maka lebih cepat obcject muncul), lalu rubah angka tertera yang sejajar opacity>dari 100% rubah menjadi 0%.


Langkah Kedelapan

Lalu test video pada RAM Preview terletak di atas kanan pojok, kita akan mengetahui animasi yang dihasilkan (Contonya saya menggunakan opacity animasi yang dihasilkan effect menghilang).


Langkah Kesembilan

Kita akan munculkan kembali dengan mengeserkan timeline, terus klik lagi tombol keyframe paling kiri tombol yang diapit icon arah kanan kiri.


Langkah Kesepuluh

Tidak hanya bisa manual, Adobe After Effect menyediakan berbagai banyak fitur effect pada kolom disisi kanan, hal ini bisa memudahkan anda yang malas untuk membuat secara manual.

Langkah Kesebelas

Banyak sekali nama tipe effect yang tertera pada Folder, kita bisa memilih apa aja yang kalian suka, (Contohnya saya pilih Transitions Dissolves) Klik untuk tipe pertama.

Langkah Keduabelas

Pada Folder Effect Present>Transitions Dissolves>File pertama yang diklik lalu Drag pada object layer di timeline.

Langkah Ketigabelas

Kalian bisa test lagi di RAM Preview untuk bisa melihat jenis animasi yang pada di Folder tadi, bila anda kurang menyukasinya bisa pilih file yang lain sesuai kebutuhan anda.



Selamat mencoba kawan beta, semoga dapat bermanfaat bagi anda sebagai pemula menggunakan software ini, dan kita bisa bahas di next tutorial membuat "Transition Mograph". Sekian dari saya dan semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel