Cara Membuat Animasi Transition Layer Sederhana Menggunakan After Effect CS6



Hallo guys, pada kesempatan baik ini belajarnyata.com akan memberikan sebuah tips bagaimana cara membuat animasi transition menggunakan After Effect CS6. Transition ini akan berguna apabila kita membuat sebuah video dengan memisahkan bisa menggunakan animasi transition ini. Pada umumnya orang sudah pasti menggukan transtion tersebut. Bagaimana tertarik untuk belajar ? Jika iya, silahkan anda simak langkah-langkah untuk membuat sebuah transition sederhana sebuagai berikut ini:

1. New composition(Ctrl-N).

2. Seperti biasa kita edit bagian nama, ukuran background, warna background, Durasi di timeline.


3. Disini saya akan menjelaskan pertama kita bisa membuat transition dengan berbagai bentuk kotak, segitiga dan lainnya, ada dua teknik yang bisa kita lakukan menggunakan Layer solid, maupun object entah rectangle, Elipse maupun yang lainnya, kalau ingin lebih jelas lagi silahkan ikuti langkah berikut ini.

4. Pilih menu Layer>>New>>Solid


5. Ini sebagai tampilan untuk mengatur dari solid seperti nama, ukuran layer, warna layer, Untuk ketentuannya silahkan sesuka anda.

6. Tampilannya seperti ini maka background composition akan tertimpa oleh layer yang kita buat.

7. Ubah ukuran layer sehingga background asli bisa tertutup, untuk mengubahnya bisa pakai select manual.

8. Sekerang atur animasi dengan Position (Layer dari semula pinggir kiri, di select keyframe position dan geser kembali ketempat semula), Jika ada gambar seperti seutas tali berwarna merah berarti anda berhasil menganimasikannya.

9. Sekarang anda lihat tombol bulat pada timeline anda harus klik keduanya dengan tekan shift+klik kiri, setelah itu tekan F9 pada keyboard, maka akan berubah tampilan dari bulat menjadi yaa seperti icon jam pasir ya.

10. Kalian tinggal tekan "Graph Editor" yang bergambar gelombang. (Berfungsi sebagai mengatur cepat lambatnya si animasi), ini sangat pentiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing dan akan sering diguanakan pada motion graphic.

11. Atur bagian timeline untuk bisa diperjelas ada tombol paling bawah yang bisa di geser-geser.

12. Anda bisa tarik bagian garis kanan, jadi penggerakan animasi terasa lebih menarik, coba anda sendiri praktikan pasti hasilnya menapjubkan.

13. Klik RAM Preview pada sudut atas kanan, untuk test video.

14. Untuk lebih mengesankan anda Copy Paste layer yang sudah ada menjadi 3 layer dan ubah nama layer, warna layer, dan geser layer di timeline.

15. Nah, bila kalian bingung dalam mengubah dari setiap layer yang sudah dicopy paste silahkan anda ke menu Layer>>Solid Setting.

16. Dan bisa mengubah nama sekaligus dalam solid setting ini, contohnya saya ubah ke warna hijau tosca pada layer kedua, untuk ketiga anda bisa mengaturnya sesuka anda,

17. Geserkan layer pada timeline yang berwarna merah ini, langsung test video ke RAM Preview, dan hasilnya terlihat keren dari pada motion pada umumnya.


Nah giaman guys, pada tahap pertama dasar dari Transition? Mudah bukan? bisa di lanjut Part 2 di tutorial selanjutnya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel