Cara Mengedit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro CC


Cara Memulai Editing Video dengan Adobe Premiere Pro CC - Hallo guys, pada kali ini belajarnyata.com akan sharing software penyunting video khususnya Adobe Premiere Pro CC, bila anda ingin belajar teknik pengolahan gambar berbentuk video tepat sekali berkunjung ke blog ini, nah kita bahas dari awal mula tampilan adobe premiere pro itu seperti apa? pastinya anda yang belum tahu akan sulit memahaminya bila tidak ada pengarahan.
     
Moment yang bersejarah diabadikan dalam hidup anda dalam bentuk video memang sangat menarik. Perangkat kamerapun sudah pada berkualitas sangat tinggi di tinjau sekerang didukung teknologi smartphone memiliki kamera kualitas rata-rata FHD. Memang sungguh luar biasa bila anda ingin membuat sebuah video tak perlu memakai kamera dslr, cukup memakai smatrphone anda bisa mengedit video.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Tidak diperlukan keprofessionalan kameramen karena di editing anda bisa memperbaiki yang kurang dari hasil kamera hp saja, nanti akan membuat hasil misal moment bersama teman yang di abadikan bentuk video yang akan tidak terlupakan.
Pada workspace tidak jauh jampilan seperti after effect namun beda dari segi fungsi dan terdapat banyak kolom. Premiere memiliki banyak fitur yang sagat mendukung bila anda gemar pada pengolahan video, seperti color correction, transition, effect suara atau backsound, maupun effect lainnya.

Oke, sekarang langsung saja ke pmbahasan utama cara edit video dengan adobe premiere bagi pemula. Untuk langkah-langkahnya silahkan anda simak dengan baik untuk bisa dalam hal editing video.

1. Buka “Adobe Premiere Pro CC” terlebih dahulu untuk memulai editing video, Lalu klik “New Project”.

2. Dalam New Project nanti anda atur nama, settingan file disimpan di folder mana, untuk General biarkan saja, lalu klik OK.

3. Pilih menu “File > New > Sequence (Ctrl+N)” untuk bisa memulai import dan mengedit video kalian.

4. Lalu pilih HDV 1080p25 (frame) dikarenakan menyesuaikan ukuran resolusi dari gambar yang mempunyai ukuran 1920x1080p. Jika anda tidak mengetahui silahkan cek terlebih dahulu ukuran resolusi videonya, dan memilih sequence yang sesuai dengan ukuran video anda.
5. Maka anda akan mengetahui workspace (tampilan) default adobe premiere pro yang memiliki banyak kolom untuk pengeditan video. Untuk penjelasan anda bisa lihat kolom yang saya sudah beri tanda dengan kotak berwarna.

Warna Biru Aqua : Merupakan sebuah kolom yang dimana terdapat kategori Effect, Project, dan Media.
Warna Ungu : Dimana anda bisa merubah posisi workspace sesuai kebutuhan seperti Mode Editing, Mode Color, Mode Effect, Mode Audio dan Title.
Warna Biru Tua : Kolom Source ini berfungsi sebagai menampilkan video untuk memtong durasi video dan audio sebelum di masukan kedalam timeline.
Warna Kuning : Kolom program untuk menampilkan visualisasi dan time durasi video yang di edit pada kolom timeline.
Warna Hijau : Sebagai Tools yang di butuhkan untuk editing
Warna Merah : Merupakan kolom utama sebagai mengedit video dan audio.

Sekarang fokus pada kolom Project tadi, rubah kategori menjadi Project : Nama project anda.

6. Setelah itu untuk memasukan video pilih menu File > Import bisa juga untuk mengumpulkan bahan-bahan seperti gambar, dan audio yang nantinya akan bertempat dikolom project. Anda juga bisa memasukan dengan Sorcut Ctrl + I dan Klik kanan pada kolom project seperti berikut ini

7. Pilih file video yang anda butuhkan untuk di edit di adobe premiere pro.

8. Ketika video sudah masuk kedalam kolom project, paling utama kita hanya perlu memasukan video kedlam kolom Timeline. Namun harus anda ketahui dengan fungsi kolom Source dimana video bisa lebih melihat atau memotong durasi video dan juga bisa memilih apakah hanya video yang di ambil atau sebaliknya audio saja yang di masukan kedalam timeline. 

Baca Juga : Cara Edit Video di HP Menggunakan Adobe Premiere Clip

Jika anda DRAG video langsung kedalam kolom Timeline, maka Video dan Audio akan terbawa secara utuh dari durasi video tersebut.

9. Ketika video tersebut di masukan kekolom Souce dan langsung kedalam kolom Timeline akan seperti berikut ini.



10.  Setelah itu kita akan mencoba memotong sebuahvideo yang telah dimasuka. Lalu kita akan memotong durasi video tersebut dengan tools pada kolom merah dengan nama Mark In dan Mark Out yang hasilnya akan ada tanda pada durasi video.
11. Kita akan melakukan penarikan hanya visualisasi saja dan memasukan kedalam kolom timeline, Apa yang terjadi ? Simak gambar dibawah ini :



Kesimpulan dari 2 cara perbedaan memasukan video kedalam kolom timeline yaitu pada kolom source anda lebih bisa leluasa untuk memotong dan meninjau sebuah video sebelum di edit, sedangkan ketika DRAG langsung ke timeline maka secara otomatis video akan secara utuh pada durasi yang sesuai. Silahkan memilih kedua cara tersebut dan saya sarankan DRAG video melalui kolom Source terlebih dahulu.
12. Oke, bagaimana cara memotong video atau audio pada kolom timeline ? Anda hanya cukup dekatkan cursor mouse dengan bar video. ketika cursor menyentuh secara otomatis cursor akan berubah menjadi kurung tutup berwarna merah. Lalu anda klik kiri dan tahan dengan menggeserkan ke arah kiri. Maka durasi akan terpotong secara otomatis.


13. Perhatikan pada kolom timeline ada sebuah garis dimana berfungsi sebagai mengatur durasi video yang akan terhubung dengan kolom PROGRAM yang untuk memonitoring editing video anda.



14. Jika anda kesulitan melihat bar video dalam kolom timeline, silahkan geser panel dibawah ini sesuai kenyamanan anda untuk mengedit video.




15. Oh iya, jika anda banyak bahan video silahkan sesuai kan video yang akan di edit, dengan cara mengulang cara diatas dengan DRAG video ke kolom TIMELINE ya, secara terus menerus. Contoh saya hanya menggunakan 2 buah video saja.

16. Bagaimana cara Export video yang telah di edit ? Silahkan pada menu File > Export > Media atau juga bisa menggunakan sorcut Crtl + M.



17. Atur pada settingan sebelum memulai RENDERING video. Untuk penjelasan saya beri tanda kolom berwarna.
Kolom Merah : Mengatur format video H.264 (MP4), AVI, dan lainnya. Pada umumnya video mempunyai format MP4 (H.264).
Kolom Hijau : Anda bisa merubah resolusi video yang akan di Export, Walaupun resolusi asli tadi 1080p anda bisa merubah menjadi 360p pada setingan tersebut.
Kolom Biru Aqua : Menambahkan nama dan menyimpan lokasi vidoe yang telah di Export atau Render.
Jika anda sudah setting sesuai keinginan silahkan untuk menekan tombol EXPORT.

Demikian saja yang dapat sampaikan mengenai cara Memulai Editing Video di Adobe Premiere Pro CC 2015.4 . Jika anda ada pertanyaan dan kurang jelas silahkan untuk berkomentar dibawah ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membuat Motion Graphic Pop Up Keren di After Effect


Gambar tutorial ini memiliki hak cipta oleh belajarnyata.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "Cara Mengedit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro CC"

  1. Mantap, kalau bisa tambah lagi tutornya bang :D

    BalasHapus
  2. Mau tanya kalau video sequence harus seukuran ya? Gimana ceknya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sequence, iya memang di haruskan sesuai dengan resolusi pada mentahan vidoe agan

      Hapus
  3. Kenapa ya aku di editan video di timeline jadi gak penuh? gmana caranya bisa full di tampilan editan video itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak penuh gimana ? Coba pilih kolom vidoe itu lalu tekan Shorcut ~` pada keyboard

      Hapus
  4. Kalo gambar bisa di masukan ke premiere gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Video aja bisa, gambae lebih bisa dong :D

      Hapus
  5. Bagusan mana gan sama sony vegas ?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel