Cara Menambahkan Effect Adjusment Layer Keren di Photoshop CC


Hay kawan beta, Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial effect adjustment layer pada Adobe Photoshop CC. Walaupun tutorial singkat dijamin akan bermanfaat bagi anda yang belum tahu effect adjustment layer.

Mengabadikan moment sesuatu pasti anda menggunakan media digital yaitu foto, sering kali pada era zaman modern foto memang sudah popular bagi semua kalangan. Tentunya foto sering kali di gunakan entah lagi suasana sedih, senang, atau lainnya. Pada perkembangan zaman ini foto tentunya membutuhkan alat untuk pengambilan gambarnya, sekarang tidak sulit untuk mendapatkan kamera karena semua orang pasti mempunyai smartphone memiliki kamera sangat tinggi kualitasnya.

Moment diabadikan dengan foto tidak perlu membutuhkan skill professional, perkembangan teknologi sudah sangat mendukung biasanya foto akan di uploudkan ke social media dengan sering orang berfoto sendiri menggunakan kamera sendiri disebut yang selfie ini sebuah tidak asing lagi bagi semua kalangan. Nah kali ini bila foto anda ingin memberi effect secara otomatis (menggunakan aplikasi pada smartphone) atau secara manual menggunakan software pada sebuah computer yaitu Adobe Photoshop CC, ini akan menjadi sebuah pembelajaran menarik karena semua photo studio biasanya -mengedit menggunakan software ini. Bila anda ingin mengetahui langkah-langkah silahkan pada berikut ini.

Anda buka dulu software Adobe Photoshop CC, (Versi berapapun tidak masalah karena cuman beda ditampilan sama fiturnya aja). Sekarang anda pilih menu File > Open.

Akan muncul tampilan file explore untuk memilih foto yang kalian ingin mengedit, lalu pilih foto yang kalian inginkan.

Kalian pilih menu adjustment layer yang berada di sisi bawah pojok kanan yang berlogo bulat hitam putih, setelah mengKlik bakalan ada pilihan effect adjustment layer, Lalu pilih Level yang berfungsi sebagai mempertajam warna yang memainkan gelap terang pada sebuah gambar object.

Atur bagian bergambar gelombang ini, sisi kiri untuk menambahkan gelap pada object kalau sisi kanan sebagai penambahan terang pada object.

Lalu klik lagi adjustment layer dengan memilih curves, fungsinya sama sebagai menambah effect gelap terang tetapi keseluruhan.

Tambahkan lagi effect adjustment layer photo filter yang berfungsi sebagai menambah nuansa effect terkesan natural, bila anda ingin suasana sore pilih warna orange seperti yang saya contohkan, kalau anda ingin suasana pagi hari bisa ditambahkan effect berwarna biru muda.

Terakhir tambahkan effect adjustment layer gradient, berfungsi sebgai menambahkan effect pada foto yang sangat keren coba ikuti dan perhatikan penjelasan berikutnya.

Nah, tampilannya akan seperti ini, eitsss masih belum ya saya akan merubahnya menjadi radial, coba perhatikan lagi.

Terlebih dahulu ubah warnanya sesuai keinginan tetapi saya akan merubahnya menjadi warna hitam, Caranya Klik Gradient yang bersimbol balok warna biru tadi maka bakalan ada tampilan seperti ini.

Anda sekarang bisa mengubah style menjadi radial.

Lalu centang bagian reverse.

Rubah bagian scale pada bagian angka anda geserkan kekanan, angka akan bertambah atur lah bagian scale terserah sesuai keinginan kalian, dan tadaaaaaaa ini lah setelah memakai effect adjustment gradient.

Simpan gambar dengan memilih menu File > Save As > Atur tempat dan nama sesuai kalian inginkan
Lalu klik OK.


Nah, bagaimana pendapat anda bila belum mengtahui effect adjustment layer ini menarikkan? Tentunya, aplikasikan anda yang belum tahu semoga anda bisa dalam software adobephotoshop ini. Bila anda bersungguh belajar terus nanti masa depan mungkin bisa menjadi photographer dan mengedit foto secara professional.

Sekian saja penjelasan singkat dari saya mohon maaf bila ada kekurangan harap maklumi karena saya juga masih tahap belajar tetapi ingin di sharekan ilmu saya kepada kalian. Masih banyak tentang penjelasan materi yang akan di sampaikan, tunggu saja yaa terima kasih.

Sumber : Foto (dok.pribadi di ambil gambar oleh Drone Phantom 3 Advance)
Shoot By : Admin belajar nyata
Location : Jalan Perintis Kemerdekaan, Hypersquare Kerkoop, Garut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel