Cara Membuat VIdeo Background Text Adobe dengan Premiere Pro


Hallo guys, Pada kesempatan baik ini belajarnyata.com akan memberikan sebuh tips yang unik dimana pembahasan artikel ini akan mengenalkan sebuah teknik cara membuat Video Teks Background yang sekarang sudah sangat trend. Dalam editing video ini akan menggunakan Adobe Premiere Pro, seperti apa yaa video tersebut silahkan cek dibawah ini!




Setelah anda buka Adobe Premiere > New Sequence> Import File Video yang akan diedit  > Lalu kita buat Item Black Video pada kolom project.


Item black video yang kita sudah dibuat akan tersimpan pada kolom project seperti dibawah ini. ( notice : ketika dibuat black video setel ukuran sesuai video anda).


Pada time line track video hanya 3 saja, untuk menambahkan klik kanan > Add Track ( Tergantung kebutuhan).


Pada mode Add Track anda harus menambah track video tergantung yang dibutuhkan untuk mengedit video tersebut. (contoh mimin menambahkan 3 track).


Selanjutnya black video yang sudah dibuat kita Drag ke kolom Time line video kedua paling atas.


Nah, kita akan menambahkan teks untuk membuat background video tetapi hanya terlihat pada teks saja.


Kita buat teks sesuai keinginan, ( notice : saran untuk font pilih font yang tegas atau kaku supaya terlihat keren, font yang saya gunakan Gotham Ultra). Nah, Teks yang kita buat tadi akan tersimpan pada kolom project, Lalu Drag ke dalam time line ke paling atas item black video tadi.


Semua video yang terdapat kolom project drag kedalam time line dibawah Item Black Video.


Video yang saya gunakan hanya 4 video saja.


Seperti gambar dibawah ini kita akan melalui tahap yang sangat penting dengan tambahkan Item effect pada folder Video Effect > Keying > Track Matte Key > Lalu Drag kedalam video Item Black Video pada time line.


 Pada Time Line klick black video lalu pergi ke Effect Control > Ubah Matte "Menjadi Video 6" > Composite Using "Menjadi Matte Alpha".


Setelah anda melalui teknik diatas, Lalu klik centang pada Reverse.


Pada gambar dibawah ini langkah sudah berhasil, bila anda belum berhasil silahkan cek langkah sebelumnya bila ada keliru.


Mimin mempunyai empat video pada time line, untuk video lain kalian bisa hidden sementara dengan klik simbol mata pada time line. Pada video yang diedit pada kolom Effect Control Scale video untuk mengecilkan > ubah posisi > Lalu beri effect Crop > Crop sebelah kanan.




Hasilnya akan seperti ini, mimin membuat video satu untuk huruf "T" saja dan sisanya kurang lebih seperti langkah sebelumnya. ( Sebelum ngedit video yang lainnya jangan lupa simbol mata di klik lagi supaya tidak hilang).


Dari setiap video silahkan kalian ubah color correctionnya untuk variasi dalam video anda.




Untuk ulasan artikel singkat ini dicukupkan bila anda ingin ditanyakan silahkan komen di bawah ini yaa. Bila saya mempunyai kekurangan dalam artikel ini karena mimin juga masih belajar kok hehe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel