Cara Mempercepat Artikel Baru Terindex Mesin Pencari Google


belajarnyata.com - Search Engine Optimization atau yang kita sering ngomong disebut SEO, Para publisher media semakin hari malah semakin banyak untuk berlomba-lomba mengindex artikel mereka ke halaman pertama google.

Terkadang semua orang dan termasuk saya pribadi sebelumnya juga pernah menjadi blogger pemula yang tidak tahu apa-apa tentang apa namnya SEO, Backlink dan sebagainya yang membuat kepala tambah pusing.

Namun dengan belajar seiring waktu saya dapat pengalaman dan dari berbagai refernsi dari blog terkenal di indonesia.
Apakah kalian bila sudah posting langsung selesai?
Paling umum yang dilakukan oleh semua orang ketika sudah beres potingan baru pastinya akan main share ke media sosial.

Memang berdampak traffic akan mulai bermunculan dari contohnya melalui facebook, twitter dan googleplus.

Ingat, tidak semua postingan anda di share ke media sosial berdampak bagus terhadap blog anda apalagi mempercepat index di mesin pencari.

Dari sumber lalu lintas menerangkan bahwa telah tercatat sumber berasal dari media sosial atau semua orang menyebutnya non-organik.
Pernah mengalami bila sudah posting tidak terdetek?
 Lupakan masalah share di media sosialnya, dari terpenting kita membahas ketika sudah posting anda pernah melakukan search artikel baru kalian tidak terdeteksi?

Saya pun pernah mengalaminya, terindex atau ditemukan blog kita oleh mesin pencari memang sangat lama kalau tidak tahu ilmunya.

Teman sayapun mengalami hal serupa dengan blognya padahal sudah berdomain TLD (Top Level Domain) dan sudah mempunyai postingan yang cukup, tetapi tidak terindex oleh google.

Blog tersebut kebanyakan yang dialami merupakan dari blog pemula yang tidak tahu cara-cara namanya SEO atau lainnya.

Bila anda ingin ilmu tersebut silahkan baca artikel ini hingga selesai dan simak dengan baik di bawah ini:

Cara Mempercepat Terindex di Mesin Pencari Pada Artikel Baru

1. Mengirimi Sitemap
Silahkan anda kirim sitemap xml ke webmaster yang berada di Perayapan > Peta Situs. Bila anda menggunakan platform wordpress bisa instal plugin dengan mencari google sitemap xml. 

Pada kasus yang telah di cari oleh belajarnyata.com dengan berbagai sumber bahwasanya salah mensetting pada sitemap tersebut yang bertujuan untuk terindex oleh mesin pencari dan sebaliknya malah di benci oleh webmaster.

Anda harus berhati-hati ketika mencentang di webmaster pada yang akan diterbitkan oleh webmaster.

Untuk menggunkan platform blogspot saya sudah siapkan peta situs anda format xml telah disediakan. 

Anda pengguna custom domain atau TLD anda yang host di blogspot fasilitas sitemap xml ini tidak ada sebagai ganti dari sitemap xml Anda bisa menggunakan umpan feed  biasanya tertulis seperti dibawah ini

http://www.belajarnyata.com/sitemap.xml

Atau Juga bisa

http://www.belajarnyata.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

2. Kirim URL Artikel
Untuk langkah berikutnya untuk mematika artikel anda bisa di index oleh Search Console yaitu kiril url artike terbaru anda ke Webmaster dengan cara peri ke Perayapan > Ambil sebagai Google.

Pada halaman webmaster ini anda akan kirim Url satu persatu, di ambil dari google  ini ada beberapa versi perayapan yaitu perayapan web, Xhtml/Wml, cHtml, dan Ponsel Cerdas.

Silahkan kesemua proses index agar proses crawling google akan lebih mudah terdeteksi untuk memberikan informasi kepada robots google dengan keberadaan situs anda.

3. Setting Robot txt
Pada settingan terakhir anda harus ambill adalah setting robots txt, silahkan setting robot txt atau di biarkan pada default saja bila masih bingung.

Langkah tersebut memberi perintah kepada robot google bot untuk mengindex keberadaan situs anda, mana yang harus di crawling dan mana yang menghentikan proses crawling.

Bila anda sudah melakukan ke tiga langkah diatas silahkan tunggu 1x24 jam, maka proses crawling google bot akan berkeja. 

Untuk mengeceknya anda tinggal buka mesin pencari dan tulis site:domain.com maka dipastikan blog anda akan terindex dengan mesin pencari.

Terkadang saya pernah mengalami blog masih baru tetapi tidak terindex oleh mesin pencari bila untuk terindex harus memulai artikel dengan banyak dan menunggu waktu untuk terindex

Tetapi dengan cara ini bila anda mempunyai postingan satu saja tidak masalah, karena cara ini menginformasikan keberadaan situs anda dan akan di simpan di database google bot.

Selebihnya mungkin sekian dari saya dengan cara mempercepat index terhadap artikel baru anda kepada mesin pencari, bila ada kelasahan atau kekurangan silahkan berkomentar dibawah ini dengan bijak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mempercepat Artikel Baru Terindex Mesin Pencari Google"

  1. Lumayan, pelajaran yang sangat bermanfaat. Ditunggu tips & trick lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa ya share yag membutuhkan :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel