Belajar Mengenali Lebih Jauh Dengan Power Point 2016

PowerPoint adalah program presentasi yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah presentasi dinamis yang bisa di kontrol dengan bergantian slide secara bergeser. Presentasi ini dapat menyertakan animasi, narasi, gambar, video, dan banyak lagi. Pada pelajaran ini Anda akan belajar tentang sekitar tampilan,fungsi menu, Quick Access Toolbar dan Backstage pada Power Point.

PowerPoint adalah program presentasi yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah presentasi dinamis yang bisa di kontrol dengan bergantian slide secara bergeser. Presentasi ini dapat menyertakan animasi, narasi, gambar, video, dan banyak lagi. Pada pelajaran ini Anda akan belajar tentang sekitar tampilan,fungsi menu, Quick Access Toolbar dan Backstage pada Power Point.

Mengenal PowerPoint

Power Point 2016 ini mirip PowerPoint 2013 dan PowerPoint 2010. Jika Anda sebelumnya menggunakan versi ini, PowerPoint 2016 harus merasa sudah terbiasa. Tetapi jika Anda baru saja untuk menggunakan PowerPoint atau memiliki lebih banyak pengalaman dengan versi lama, Lebih baik juga Anda harus menyisipkan beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka PowerPoint 2016.

Antarmuka PowerPoint

Ketika Anda membuka Power Point untuk pertama kalinya, mulai layar akan muncul. Dari sini, Anda akan mampu membuat presentasi baru, memilih template, dan mengakses presentasi Anda baru saja diedit. Dari layar mulai, Cari dan pilih kosong presentasi untuk mengakses antarmuka PowerPoint.


Silahkan untuk mempelajari lebih lanjut dibawah ini dengan mengenali basic penggunaan menu pada Power Point 2016 untuk membuat sebuah slide presentasi.



1. QuickAccses : Merupakan sebuah tools yang berguna sebagai mempercepat adanya eksekusi seperti print, save as, open file, dan lainnya yang akan tersimpan icon diatas dekat icon tool quick accses


2. Slide Navigation  Pane : Panel navigasi yang berfungsi memungkinkan anda untuk mengedit dan mengatur sebuah slide presentasi.


3. Slide Number Indicator : Di sini, Anda dapat dengan cepat melihat jumlah slide dalam presentasi Anda, sebagai baik sebagai slide yang sedang Anda lihat.


4. Zoom Control : Klik dan seret penggeser menggunakan kontrol zoom. Nomor ke kanan slider mencerminkan persentase zoom.

5. Vertical and Horizontal Scroll Bars : Scroll bars memungkinkan Anda untuk menggulir ke atas dan ke bawah atau ke samping. Untuk melakukan ini, klik dan seret vertikal atau horisontal scroll bar.


6. Slide Pane : Anda dapat melihat slide yang di pilih untuk di edit atau menambahkan suatu konten yang dimaksud untuk di presentasikan.

Mengenali Berbagai Fungsi Pada Kolom Text di Home

Pada kolom tersebut anda memungkinkan untuk membuat sebuah konten berisi text pada sebuah slide presentasi.   

Beberapa kelompok juga memiliki sebuah panah kecil di sudut kanan bawah bahwa Anda dapat klik untuk lebih banyak pilihan.


Menampilkan dan Menyembunyikan Pita

Pita dirancang untuk menanggapi tugas Anda saat ini, tetapi Anda dapat memilih untuk meminimalkan jika Anda menemukan bahwa tidak memakan terlalu banyak layar ruang. Klik panah pita menampilkan pilihan di sudut kanan atas pita untuk menampilkan menu drop-down.


Auto-hide Ribbon : Auto-Sembunyikan menampilkan buku kerja Anda dalam modus layar penuh dan benar-benar menyembunyikan pita. Untuk menunjukkan pita, klik perintah memperluas pita di bagian atas layar.

Show tab :
Pilihan ini menyembunyikan semua kelompok perintah ketika mereka sedang tidak digunakan, tapi tab akan tetap terlihat. Untuk menunjukkan pita, klik tab.

Show tab dan Commands : opsi ini memaksimalkan pita. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default ketika Anda membuka PowerPoint untuk pertama kalinya.

Menggunakan Tell me fitur

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan perintah yang Anda inginkan, Tell Me fitur dapat membantu. Ini bekerja seperti sebuah bar pencarian biasa: jenis apa yang Anda Cari, dan daftar pilihan akan muncul. Anda kemudian dapat menggunakan perintah langsung dari menu tanpa harus menemukannya pada pita.


Toolbar akses cepat

Terletak tepat di atas pita, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah umum tidak peduli yang tab yang dipilih. Secara default, termasuk Simpan, membatalkan, mengulang, dan mulai dari awal perintah. Anda dapat menambahkan perintah lain tergantung pada preferensi Anda.

1. Klik tanda panah drop-down di sebelah kanan The Quick Access Toolbar



2. Pilih perintah yang Anda ingin menambahkan dari menu drop-down. Untuk memilih dari perintah-perintah yang lain.

 3. Perintah akan ditambahkan ke Quick Access Toolbar.


Penggaris, panduan dan gridlines

PowerPoint mencakup beberapa alat untuk membantu mengatur dan mengatur konten pada slide Anda, termasuk penggaris, panduan, dan gridlines. Alat ini mempermudah untuk menyelaraskan objek pada slide. Cukup klik kotak centang di Tampilkan grup pada View tab untuk menampilkan dan menyembunyikan alat-alat ini.


Zoom dan pilihan pemandangan lainnya

PowerPoint memiliki berbagai pilihan yang mengubah tampilan presentasi Anda tampilan. Anda dapat memilih untuk melihat presentasi Anda di tampilan Normal, tampilan Slide Sorter, membaca tampilan, atau tampilan Slide Show. Anda juga dapat memperbesar dan keluar untuk membuat presentasi Anda lebih mudah dibaca.

Beralih slide dilihat

Beralih antara tampilan slide berbeda mudah. Hanya Cari dan pilih perintah tampilan slide yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela PowerPoint.




Zooming In dan Out

Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan seret penggeser control zoom di sudut kanan bawah jendela PowerPoint. Anda juga dapat memilih + atau - perintah untuk memperbesar atau memperkecil oleh bertahap lebih kecil. Nomor di samping slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.




Memperbesar Slide Presentasi 

Anda tinggal memilih Slide Show tepat disamping zooming, maka akan tampilan secara fullscreen pada sebuah slide itu. Namun jika anda menginginkan tampilan secara default maka di pastikan untuk tekan Esc pada keyboard.

Sekian saja dari belajarnyata.com yang dapat sampaikan mengenai cara membuat presentasi basic pada power point 2016. Tunggu tutorial menarik lainnya dan selamat mencoba!