Cara Membuat Animasi Masking Keren di After Effect CC

belajarnyata.com - Hallo sobat belajar, sebelumnya kita pernah membuat sebuah animasi sederhana di after effect. Sebenarnya ini saya baru update lagi tentang tutorial animasi di adobe after effect. Namun yang kita animasi kan dengan cara Masking yang di tambahkan animasi smooth membuat tambah kece tentunya hehe..   Memang diluar sana orang sudah menyediakan berbagai tutorial menarik tentang masking adobe after effect ini. Tapi, saya akan merubah tutorial kedalam text dan gambar jika kalian yang enggan membuka youtube karena takut kuota habis hehe, masih mending yang memakai Wifi kan..   Insya allah saya akan membuat channel youtube berisi konten seputar tutorial, Namun saya harus melalui waktu yang tidak cukup untuk membuat tutorial dengan video. Memang tutorial lebih afdol dengan video, ya karena memang sangat efektif untuk mudah di mengerti oleh orang yang awam. Sementara ini saya membuat hanya sekitar tulisan saja untuk mengingat ketika di kemudian hari saya lupa lagi hehehe.. Kan video tuh banyak menyimpan ruangan hardisk kalau di artikel bisa di akses kemana saja.    Oke, kita kembali ke topik saja.. Bagaimana sih cara membuat animasi masking di Adobe After Effect CC ini ya ? Untuk selanjutnya kalian bisa melihat langkah step by step di bawah ini yaa..

belajarnyata.com - Hallo sobat belajar, sebelumnya kita pernah membuat sebuah animasi sederhana di after effect. Sebenarnya ini saya baru update lagi tentang tutorial animasi di adobe after effect. Namun yang kita animasi kan dengan cara Masking yang di tambahkan animasi smooth membuat tambah kece tentunya hehe..

Memang diluar sana orang sudah menyediakan berbagai tutorial menarik tentang masking adobe after effect ini. Tapi, saya akan merubah tutorial kedalam text dan gambar jika kalian yang enggan membuka youtube karena takut kuota habis hehe, masih mending yang memakai Wifi kan..

Insya allah saya akan membuat channel youtube berisi konten seputar tutorial, Namun saya harus melalui waktu yang tidak cukup untuk membuat tutorial dengan video. Memang tutorial lebih afdol dengan video, ya karena memang sangat efektif untuk mudah di mengerti oleh orang yang awam. Sementara ini saya membuat hanya sekitar tulisan saja untuk mengingat ketika di kemudian hari saya lupa lagi hehehe.. Kan video tuh banyak menyimpan ruangan hardisk kalau di artikel bisa di akses kemana saja. 

Oke, kita kembali ke topik saja.. Bagaimana sih cara membuat animasi masking di Adobe After Effect CC ini ya ? Untuk selanjutnya kalian bisa melihat langkah step by step di bawah ini yaa..

1. Buka adobe after effect kalian.. Versi lampau juga engga masalah

2. Buatlah New Project.

3. Kita akan membuat komposisi baru pada menu Composition > New Composition > Beri nama dan atur resolusi dengan 1280x720p.

4.Setelah itu, tulis text atau apa saja yang ingin kalian masking.. Contoh seperti dibawah ini menggunakan sebuah text.


5. Sekarang kita akan melakukan masking text dengan cara harus membuat penghalang terlebih dahulu, seperti Shape maupun Layer.. Contoh menggunkan Shape




6. Untuk menaruhkannya bebas, terserah kalian.. Karena nanti text akan di simpan di belakang Shape atau layer yang telah di buat. Contoh text akan di pindahkan ke belakang Shape seperti ini




7. Oke, selanjutnya kita akan beri sedikit animasi dengan memindahkan sebuah posisi text yang pertama pilih icon Clock pada Position seperti ini




8. Pindahkan TimeLine sedikit ke kanan dengan jarak durasi sekita 01,30 detik.. Di Perpendek juga boleh.. Karena durasi ini menentukan kecepatan pada sebuah animasi perpindahan posisi pada text



9. Pada timeline ini, ubahlah posisi text tadi dari posisi awal yaitu belakang Shape menjadi di bawah Shape yang nantinya pada timeline otomatis akan berubah menjadi sebuah animasi.. Namun masih agak kaku animasinya..


10. Untuk memperbaiki animasi yang telah dibuat.. Kita akan memperbaki dengan cara menggunakan trik berikut ini.. Block pada timeline kedua tanda ini dan tekan F9.. Lalu pilih Graph Editor ( Kotak terdapat seperti statistik ) sebelah icon blur sebelah atas kiri..


11. Kita atur untuk menari tali berwarna kuning yang sebelah kanan dengan tarik ke sebelah kiri.



12. Kembali ke menu awal.. Pada Masking utama yaitu mengubah pada komlom merah menjadi Toggle Switch..


13. Setelah itu, pada Layer Text (belajarnyata.com) merubah None dari No Track Matte akan memilih salah satu, dan kita pilih mode Alpha Inverted Matte "Shape Layer 1"


14. Shape tadi yang kita buat berawal menjadi merah akan hilang atau tidak akan terlihat. Namun text yang menutupi oleh Shape tadi akan bekerja seperti biasa.. Karena trik Animasi Masking ini menutupi layer oleh layer lagi. Seperti berikut ini.


Untuk mengetahui lebih pasti apakah berhasil atau tidak.. Anda dapat membuktikan dengan melihat gambar GIF di bawah ini yaa..


Nah, begitu teman-teman cara membuat animasi masking di adobe after effect.. Sekian saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon