Cara Membuat Animasi Motion Tween di Adobe Flash [Animate]

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru.    Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya. Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame.    Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan.     Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).   Untuk menggerakkan sebuah animasi berupa obyek yang bergerak, langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween. Jika anda penasaran silahkan ikuti langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana :

belajarnyata.com - Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru. 

Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya. Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. 

Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja. Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan menggambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan. 


Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Untuk menggerakkan sebuah animasi berupa obyek yang bergerak, langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween. Jika anda penasaran silahkan ikuti langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana :

 1. Buat Project baru dengan cara menuju menu File > New > Pilih Canvas Action Script 2.0 atau 3.0

2. Pada menu properties sebelum memilih canvas, nanti anda setting ukuran stage 550 x 200 pixel, dengan warna Background Putih dan jumlah frame per detik 12.

3. Pada timeline silahkan Layer 1 ubah nama dengan "Bola".

4. Pilih atau select pada Frame 1 di Layer Bola tadi.


5. Buatlah sebuah obyek Lingkaran pada canvas dengan cara menggunakan Oval Tool dan letakan stage sebelah kiri.

6.Klik kanan pada frame 10 dan pilih Insert Keyframe

7. Setelah insert keyframe silahkan gerakan obyek lingkaran ini ke arah kanan dan posisi frame pada frame terakhir.

 8. Setelah itu, kita akan menambahkan sebuah animasi dengan cara 'klik kanan' pada keyframe di tengah sekitar frame 5. Lalu pilih Create Classic Tween

9. Kita akan cek animasi yang telah dibuat dengan cara Ctrl + Enter. Jika untuk mengecek manual perhatikan pada keyframe yang mempunyai tanda panah.
  
Sekian saja tutorial dari saya tentang cara membuat animasi sederhana dengna motion tween di Adobe Flash. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


EmoticonEmoticon