Cara Membuat dan Membuka Dokumen di Microsoft 2016


belajarnyata.com - Membuat sebuah dokumen baru di Microsoft Word memang hal yang sangat mudah, namun bagi orang yang baru menggunakan Microsoft word akan bingung untuk membuatnya. Kita akan belajar membuat dan membuka sebuah dokumen di Microsoft Word dengan menggunakan template unik secara online. 

Oleh karena itu kalian yang belum mengetahui langkah dan cara silahkan untuk mengikuti langkah dibawah ini :

Membuat Dokumen Baru

Pilih Tab File untuk mengakses Backstage view.


Pilih New, kemudian klik dokumen kosong. Setelah itu, anda dapat melihat dokumen baru yang kosong.


Membuat Dokumen Baru dari Template

Membuat dokumen baru melalui template yang unik memang hampir semua orang tidak mengetahui fungsi search untuk apa. Seperti saya awalnya bingung fungsi search ini buat apa dan setelah di telaah lebih jauh ternyata untuk membuat sebuah sampul dokument.

Tampilan yang dicari sangat banyak untuk menjadi sebuah pilihan dokumen anda, untuk mencobanya silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Cari template dengan kata kunci pada kolom search dengan cara seperti membuat dokumen baru. Lalu, tekan tombol search.


2. Jika anda telah memasukan kata pada kolom search, maka Microsoft Word akan menampilkan template yang ada seperti ini

3. Pilih template sesuai dengan anda suka.

4. Jika anda sudah membuatnya, template yang anda pilih akan seperti berikut ini

Membuka File di Microsoft Word 2016

Selain membuat dokumen baru, Anda akan sering perlu untuk membuka dokumen yang sebelumnya disimpan. Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan simak langkah berikut ini :

1. Langkah awal seperti membuat dokumen baru, Pada tampilan backstage view anda pilih Open.




2. Setelah klik open, anda memilih menu untuk membuka file terletak di komputer atau secara online.

3. Jika anda menyimpan di komputer, silahkan pilih menu Browse. Select file dan open.




4. Dokumen anda telah terbuka dan bisa untuk di edit atau di tambahkan sesuai keinginan.

Fitur yang paling dalam Microsoft Office, termasuk Word, diarahkan untuk menyimpan dan berbagi dokumen online. Hal ini dilakukan dengan OneDrive, yang merupakan tempat penyimpanan online untuk dokumen dan file. Jika Anda ingin menggunakan OneDrive, pastikan Anda sign in ke Word dengan Microsoft account. Meninjau pelajaran kita tentang pemahaman OneDrive untuk mempelajari lebih lanjut.

Menambahkan Pin Dokumen

Jika Anda sering bekerja dengan dokumen yang sama, Anda dapat menyematkan Backstage view untuk akses cepat, yaitu dengan cara berikut ini:

1. Menavigasi ke Backstage view, silahkan buka dan pilih dokumen terbaru

2. Daftar dokumen yang baru saja diedit akan muncul. Arahkan mouse ke dokumen Anda ingin pin, kemudian klik ikon pushpin.


3. Dokumen akan tetap di daftar dokumen terakhir sampai unpinned. Untuk melepas sematan dokumen, klik ikon pushpin lagi. 

Menggunakan Mode Kompatibilitas

Setelah anda mengetahui cara membuat dan membuka sebuah dokumen. Terkadang Anda akan menemukan sebuah kasus dokumen yang dibuat versi sebelumnya dari Microsoft Word, seperti Word 2010 atau Word 2007. Ketika Anda membuka jenis dokumen, mereka akan muncul dalam mode kompatibilitas.

Mode kompatibilitas menonaktifkan fitur tertentu, sehingga Anda hanya akan dapat perintah akses yang ditemukan dalam program yang digunakan untuk membuat dokumen. Misalnya, jika Anda membuka sebuah dokumen yang dibuat di Word 2007 Anda hanya dapat menggunakan tab dan perintah yang ditemukan di Word 2007..

Dalam gambar di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana mode kompatibilitas dapat mempengaruhi perintah yang tersedia. Karena dokumen di sebelah kiri dalam modus kompatibilitas, itu hanya menunjukkan perintah yang tersedia di Word 2007.




Untuk keluar dari mode kompatibilitas, Anda akan perlu untuk mengkonversi dokumen dengan jenis versi saat ini. Namun, jika Anda berkolaborasi dengan orang lain yang hanya memiliki akses ke versi Microsoft Word sebelumnya, lebih baik untuk meninggalkan dokumen dalam mode kompatibilitas sehingga format yang tidak akan berubah.

Anda dapat memeriksa halaman dukungan ini dari Microsoft untuk mempelajari lebih tentang fitur yang dinonaktifkan dalam mode kompatibilitas.

Untuk mengkonversi dokumen:

Jika Anda ingin akses ke semua fitur Word 2016, Anda dapat mengkonversi dokumen ke file format 2016. 

1. Klik tab berkas untuk mengakses Backstage View, kemudian Cari dan pilih perintah konversi.

2.Kotak dialog akan muncul. Klik OK untuk mengkonfirmasi file upgrade.


Dokumen akan dikonversi ke jenis file terbaru.

Sekian saja penjelasan dari belajarnyata.com mengenai cara membuat dan membuat dokumen di microsoft word 2016. Untuk pertanyaan silahkan komentar dibawah ini semiga bermafaat dan selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat dan Membuka Dokumen di Microsoft 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel