Cara Menggunakan Color GRADING Untuk Video di Adobe Premiere Pro




Cara Menggunakan Color GRADING Untuk Video di Adobe Premiere Pro - Selamat datang di tutorial Cara Menambahkan Color Grading di Adobe Premiere Pro dengan saya author belajarnyata.com yang akan membagikan sebuah tips atau ilmu tentang color grading atau juga bisa disebut menambahkan effect warna kepada video yang kita akan edit.

Jika anda berminat dengan menjadi sebuah video editor langkah ini untuk belajar color grading di premiere dangat di anjurkan untuk mengetahui bagaimana cara menjadi video editor sungguhan.

Memang Cut video saja tidak lah cukup, kita dituntut harus mengerti dalam coloring video bagaimana cara membedakan video yang pucat dan sangat pas di pandangan mata.

Terkadang orang yang membuat sebuah video cinematic look menggunakan effect coloring mendukung penambahan warna kontras yang tajam pada video yang dihasilkan.

Memang pada coloring ada sebuah preset yang langsung drag and drop tetapi tidak perlu anda setting kembali coloring pada videonya.

Namun hal tersebut tidak akan memajukan bagi video editor yang masih belajar untuk bisa membedakan atau menguasai coloring.

Oke dengan itu kami akan memberikan sebuah tips tentang color grading di adobe premiere pro sebagai berikut ini


Cara Color Grading di Adobe Premiere Pro CC Tanpa Preset


Pastikan anda sudah mempunyai kolom project adobe premiere pro yang sudah siap untuk color grading. Lalu pilih Kolom Effect > Video Effect.



Pada kolom video effect ini kita akan memilih Color Correction > Lumetri Color. Karena pada Effect ini terdapat banyak fungsi untuk color grading seperti Curves, Three Wey, Dan lainnya yang sangat penting.



Setelah menggunakan Lumetri color pada settingan Effect Controls terdapat banyak setingan. Kita akan memilih dengan berbagai effect diantaranya Curves terlebih dahulu.



Ketika kita melakukan settingan curves maka ada tampilan seperti Grapich yang nantinya untuk mengatur color grading ini.




Kita akan menurunkan sedikit dengan cursor, nanti akan megalami perubahan seperti gambar video tampak lebih gelap dari video awal.



Kesimpulan : Color grading ini masih dasar, alangkah baiknya anda mengeksplor dengan lebih jauh karena masih banyak hal seperti kontras, brightness, light, exposure dan lainnya yang terdapat pada kolom Color Correction itu.

Akan terlihat perbedaan menggunakan color grading dan tidak menggunakan. Oleh karena itu silahkan anda eksperimen sendiri dahulu, next tutorial Insya Allah saya buat ala cinematic dalam color grading dengan penjelasan yang detail.

Demikian saja yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara color grading di adobe premiere pro. Sekian saja tutorial dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.