Iklan Atas Artikel

Cara Menyimpan dan Membagikan Dokumen Microsoft Word 2016 - Export To MS Wors 97-2000an


Ketika Anda sedang membuat dokumen baru di Word 2016, kalian harus mengetahui bagaimana cara menyimpannya sehingga Anda dapat mengakses dan mengedit kemudian dengan Word versi sebelumnya, Anda dapat menyimpan file ke komputer Anda. Jika Anda suka, Anda juga dapat menyimpan file ke Internet menggunakan OneDrive. Anda bahkan dapat ekspor dan berbagi dokumen secara langsung dari Word.

Save dan Save As

Microsoft Word menawarkan dua cara untuk media penyimpanan file dengan cara Save dan Save As. Pilihan ini bekerja dalam cara yang sama, dengan beberapa perbedaan penting.
 

Save: Ketika Anda membuat atau mengedit sebuah dokumen, Anda akan menggunakan perintah Save untuk menyimpan perubahan. Anda akan menggunakan perintah ini sebagian besar waktu. Bila Anda menyimpan file, Anda hanya perlu memilih nama file dan lokasi pertama kalinya. Setelah itu, Anda dapat mengklik Simpan perintah untuk menyimpannya dengan nama dan lokasi yang sama.

Save As: Anda akan menggunakan perintah ini untuk membuat salinan dari dokumen asli. Bila Anda menggunakan Save As, Anda akan perlu untuk memilih sebuah nama yang berbeda dan atau lokasi untuk versi disalin.

Tentang OneDrive

Fitur yang paling dalam Microsoft Office, termasuk Word, diarahkan untuk menyimpan dan berbagi dokumen online. Hal ini dilakukan dengan OneDrive, yang merupakan tempat penyimpanan online untuk dokumen dan file. Jika Anda ingin menggunakan OneDrive, pastikan Anda sign in ke Word dengan Microsoft account. Meninjau pelajaran kita tentang pemahaman OneDrive untuk mempelajari lebih lanjut.

Untuk Save dokumen

Hal ini penting untuk menyimpan dokumen Anda setiap kali Anda memulai sebuah proyek baru atau membuat perubahan yang sudah ada. Tabungan awal dan sering dapat mencegah kerja Anda hilang. Anda juga akan perlu membayar perhatian ke mana Anda menyimpan dokumen sehingga akan sangat mudah untuk menemukan kemudian.

1. Cari dan pilih perintah Save di Toolbar akses cepat.


 

2. Jika Anda akan menyimpan file untuk pertama kalinya, panel Save As akan muncul dalam tampilan Backstage.

3. Anda akan perlu untuk memilih tempat untuk menyimpan file misalnya di local disk D atau lainya dan memberikannya nama file dokumen word tersebut. Klik Telusuri untuk memilih lokasi di dalam komputer Anda. Atau, dapat klik OneDrive untuk menyimpan file ke media penyimpanan online.



4. Pilih lokasi file dokumen anda untuk disimpan

5. Beri nama pada file dokumen yang akan disimpan. Lalu klik save


6. Dokumen akan disimpan. Anda dapat mengklik perintah Save lagi untuk menyimpan ketika ada perubahan yang Anda memodifikasi dokumen. Selain itu anda juga dapat mengakses perintah Save dengan menekan Ctrl + S pada keyboard.

Menggunakan Save untuk membuat salinan

Jika Anda ingin menyimpan versi yang berbeda dari dokumen asli, Anda dapat membuat salinan. Misalnya, jika Anda memiliki file bernama laporan penjualan, Anda bisa menyimpannya sebagai laporan penjualan 2 sehingga Anda akan dapat mengedit file yang baru dan masih merujuk kembali ke versi asli.

Untuk melakukan ini, Anda akan mengklik perintah Save As di Backstage view. Seperti ketika menyimpan file untuk pertama kalinya, Anda akan perlu untuk memilih tempat untuk menyimpan file dan memberikannya nama file baru.






Untuk mengubah default menyimpan Lokasi:

Jika Anda tidak ingin menggunakan OneDrive, Anda mungkin frustrasi bahwa OneDrive dipilih sebagai lokasi default saat menyimpan. Jika Anda menemukan ini nyaman, Anda dapat mengubah default menyimpan lokasi sehingga PC ini dipilih secara default.



1. Klik tab File untuk mengakses Backstage.



2. Click Options

   
3. Pilih Simpan di sebelah kiri,Lalu centang kotak save sebelah kanan dan pilih komputer secara default, lalu klik OK. Default menyimpan lokasi akan berubah.


AutoRecover

Word akan secara otomatis menyimpan dokumen Anda ke folder sementara. Jika Anda lupa untuk menyimpan perubahan atau jika kata crash, Anda dapat memulihkan file menggunakan AutoRecover.

Untuk menggunakan AutoRecover:

1. Buka word. Jika autosaved versi file ditemukan, panel pemulihan dokumen akan muncul di sebelah kiri.
2. Klik untuk membuka berkas yang tersedia. Dokumen akan dipulihkan.

Secara default, kata autosaves setiap 10 menit. Jika Anda mengedit dokumen untuk kurang dari 10 menit, kata tidak dapat membuat versi autosaved.

Jika Anda tidak melihat file yang Anda butuhkan, Anda dapat menelusuri semua file autosaved dari Backstage view. Pilih File tab, klik Kelola versi, kemudian pilih memulihkan tidak tersimpan dokumen.Mengakses semua versi yang belum di save.



Mengexsport dokumen

Secara default, dokumen Word disimpan dalam jenis file .docx. Namun, mungkin ada saat ketika Anda harus menggunakan jenis file lain, seperti dokumen PDF atau Word 97-2003. Sangat mudah untuk export dokumen dari Word untuk berbagai jenis file.

Cara export dokumen sebagai file PDF:

Mengexport dokumen Anda sebagai dokumen Adobe Acrobat, dikenal sebagai file PDF , dapat sangat berguna jika Anda berbagi dokumen dengan seseorang yang tidak memiliki kata. PDF file akan membuatnya mungkin bagi penerima untuk melihat — tapi tidak mengedit — isi dari dokumen Anda.

1. Klik tab File untuk mengakses Backstage view, pilih export, kemudian pilih membuat PDF/XPS.



2. Pilih lokasi di mana Anda ingin export dokumen, masukkan nama file, kemudian klik publikasikan.


Jika Anda perlu mengedit file PDF, kata memungkinkan Anda untuk mengkonversi PDF file ke dokumen dapat diedit. Baca panduan kami tentang mengedit file PDF untuk informasi lebih lanjut.

Untuk export dokumen untuk jenis file lain:

Anda mungkin juga menemukan berguna untuk export dokumen Anda untuk jenis file lainnya, seperti dokumen Word 97-2003 jika Anda perlu untuk berbagi dengan orang-orang yang menggunakan versi lama dari kata atau sebagai .txt file jika Anda membutuhkan versi teks biasa pada dokumen Anda.


1. Klik tab File untuk mengakses Backstage view, pilih export, kemudian pilih jenis File perubahan. memilih jenis File perubahan

2. Pilih jenis file, kemudian klik Save As.




3. Pilih lokasi di mana Anda ingin export dokumen, masukkan nama file, lalu klik Save.

Anda juga dapat menggunakan Simpan sebagai jenis menu drop-down dalam kotak dialog Save As untuk menyimpan dokumen ke berbagai jenis file.





Berbagi dokumen

Word membuatnya mudah untuk berbagi dan berkolaborasi pada dokumen yang menggunakan OneDrive. Di masa lalu, jika Anda ingin berbagi file dengan seseorang Anda bisa mengirimkannya sebagai lampiran email. Sementara nyaman, sistem ini juga menciptakan beberapa versi dari file yang sama, yang dapat sulit untuk mengatur.

Ketika Anda berbagi dokumen dari Word, Anda benar-benar memberikan orang lain akses untuk file yang persis sama. Hal ini memungkinkan Anda dan orang-orang yang Anda berbagi dengan mengedit dokumen yang sama tanpa untuk melacak beberapa versi. Untuk penjelasannya silahkan simak dibawah ini:


1, Klik tab file untuk bisa mengakses backstage, dan pilih Share.

2. Beberapa pilihan di panel akan muncul

 Anda bisa memilih untuk share dokumen yang telah di buat kepada seseorang, email microsoft outlook, presentasi online dan blog platform blogger dan wordpress.

Demikian saja yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Menyimpan dan membagikan dokumen microsoft word. Sekian saja dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel