Memulai dengan Mengenali Basic Microsoft Word 2016

BelajarNyata.com - Microsoft Word 2016 merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan semua orang untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi. Pada pelajaran ini Anda akan belajar cara menavigasi antarmuka kata dan menjadi mengetahui dengan beberapa fitur yang paling penting, seperti pita, Quick Access Toolbar, dan Backstage View.   Mengenal Microsoft Word 2016  Word 2016 ini mirip Word 2013 dan Word 2010. Jika Anda sebelumnya menggunakan kedua versi, maka Word 2016 harus merasa sudah terbiasa. Tetapi jika Anda baru ke Word ini atau memiliki lebih banyak pengalaman dengan versi lama, Anda harus terlebih dahulu mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka Microsoft Word 2016.  Antarmuka Tampilan Word 2016  Ketika Anda membuka word untuk pertama kalinya, mulai layar akan muncul. Dari sini, Anda akan mampu membuat dokumen baru, memilih template, dan mengakses dokumen baru saja diedit. Dari layar mulai, Cari dan pilih dokumen kosong untuk mengakses tampilan microsoft word.

BelajarNyata.com - Microsoft Word 2016 merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan semua orang untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi. Pada pelajaran ini Anda akan belajar cara menavigasi antarmuka kata dan menjadi mengetahui dengan beberapa fitur yang paling penting, seperti pita, Quick Access Toolbar, dan Backstage View.

Mengenal Microsoft Word 2016

Word 2016 ini mirip Word 2013 dan Word 2010. Jika Anda sebelumnya menggunakan kedua versi, maka Word 2016 harus merasa sudah terbiasa. Tetapi jika Anda baru ke Word ini atau memiliki lebih banyak pengalaman dengan versi lama, Anda harus terlebih dahulu mengambil beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan antarmuka Microsoft Word 2016.

Antarmuka Tampilan Word 2016

Ketika Anda membuka word untuk pertama kalinya, mulai layar akan muncul. Dari sini, Anda akan mampu membuat dokumen baru, memilih template, dan mengakses dokumen baru saja diedit. Dari layar mulai, Cari dan pilih dokumen kosong untuk mengakses tampilan microsoft word.


Setelah pilih dokumen kosong atau blank putih ini, akan mempunyai tampilan seperti gambar dibawah ini, akan ada beberapa penjelasan dari segi menu dan fungsi dari microsoft word 2016.



Bagi orang yang sudah pernah menggunakan microsoft word sebelumnya akan tidak asing lagi dari segi fungsi tools, menu, dan lainnya dari microsoft word. Namun, bagi pemula hal ini sangat bingung apa saja yang harus digunakan untuk membuat sebuah makalah misalnya.

Penjelasan Menu-menu Micorosoft Word

File, Menu ini ketika anda ingin membuat sebuah document baru, save as document, print document, Share, export dan lainnya.

Home, Merupakan sebuah menu yang lebih fokus dalam mengedit sebuah text yang terdiri dari kolom copy, paste, Menu font, Blod, Underline, Italic, ukuran font, warna font, posisi font, paragraph spacing, warna background, border dan lainnya.

Insert, Menu ini untuk menambahkan sesuatu yang memang snagat penting untuk membuat sebuah document, apa saja menu itu ? ada Table, Insert gambar, gambar online, Shapes, Chart, Screnshoot, Online Video, Hyperlink, Edit Header, Edit Footer, Page Number, Text Box, Word Art, Object, Symbol dan lainnya.

Design, Merupakan menu lebih fokus terhadap tampilan seperti Style posisi text di page, Macam-macam Warna, Font, Effect, dan lainnya.

Page Layout, Menu ini tidak kalah penting dengan Home yaitu seperti Margins, Orientation Page, Size, Colomns, Breaks, Line Number, Spacing dan lainnya.

Preference, pada menu ini memang penting tapi saya jarang menggunakan pada menu satu ini, memang ada apa saja dalam menu ini ? Table Of Content, Add Text, Update Table, Insert Ednote, Insert Citation, Insert Caption, dan lainnya.

Mailings, Merupakan sebuah menu yang berhubungan dengan email secara online, apa saja dalam menu ini? Envelops, Labels, Start Mail Merge, SelectRecipient, Adress Block, Greeeting Line dan lainnya.

Review, Menu ini ada beberapa yang sangat penting jika anda ingin mengoreksi kata bila ada kesalahan, pada menu ini seperti Spelling And Grammar, Define, Tasaurus, Word Count, Translate, Leanguage, Track Change, dan lainnya.


Mengenal Menu Ribbon Display Option

 

Auto-hide Ribbon : Auto-Sembunyikan menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh dan benar-benar menyembunyikan pita dari pandangan. Untuk menunjukkan pita, klik perintah memperluas pita di bagian atas layar.

Show tab : Pilihan ini menyembunyikan semua kelompok perintah ketika mereka sedang tidak digunakan, tapi tab akan tetap terlihat. Untuk menunjukkan pita, klik tab.

Show Tabs and Commands : Opsi ini memaksimalkan pita. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default ketika Anda membuka Word untuk pertama kalinya

Mengenal Fitur Quick Access Toolbar

Terletak tepat di atas pita, Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah umum tidak peduli yang tab yang dipilih. Secara default, ini menunjukkan Save, membatalkan, dan mengulang perintah, tetapi Anda dapat menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan Anda.

Untuk menambahkan perintah ke Toolbar akses cepat:
Klik tanda panah drop-down di sebelah kanan Toolbar akses cepat.menambahkan perintah ke Toolbar akses cepat:


Pilih perintah yang Anda ingin menambahkan dari menu.


Perintah akan ditambahkan ke Quick Access Toolbar. Seperti saya contohkan menambahkan Quick Print yang akan tampil di pinggir menu quick tools. Jadi fungsi ini ketika pengguna ingin print secara cepat selain di Ctril+P ditampilan word tinggal menekan icon print.




Cara Menampilan Ruler 

Pertama anda memilih menu View > Ruler dan centang pada kolomnya.

Ruler atau penggaris akan muncul setelah di centang, dari ruler ini memiliki banyak kegunaan yang berhubungan dengan menyusun dokumen.
 

Menerapkan Text di page word

Kita akan uji coba menggunakan beberapa paragraf seperti penggunaan Bold, Italic, Underline dan pada kolom menu home lainnya.

Secara gamblang saya memberikan text secara default menggunakan font Times New Roman ukuran 11.


Setelah menggunakan Italic dengan cara block semua text dengan menekan Crtl+A lalu rubah dengan menekan I pada kolom home

 Kita akan merubah spasi paragraf menjadi lebih terjarak dengan cara pilih menu pada kolom dibawah ini yang berawal dari 1.0

Setelah dirubah menjadi 1.5 akan otomatis merubah jarak antar text menjadi lebih bagus dibandingkan terlihat padat.

Mengenal Tool Read Mode dan Zoom pada tampilan Word

Menu Zoom ini terletak di bawah pojok kanan seperti gambar dibawah ini:

 Saya akan menggunakan read mode yang akan tempilan menjadi lebih luas


 Ketika menggunakan Tools Zoom akan lebih tampak jelas dan lebih dekat

Sekian saja tutorial dari saya mengenal Basic Microsoft Word 2016, untuk selebihnya saya akan membuat postingan lain tentang Word bagaimana cara lebih luas lagi bermain dengan Word 2016 ini hehehe.. 

Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan cara menggunakan microsoft bagi pemula dan selamat mencoba!