Bagaimana Cara Membuat Spanduk dengan Adobe Photoshop

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan sebuah cara membuat spanduk menggunakan Adobe Photoshop Versi CC. Jika Anda tidak mempunyai versi CC, Menggunakan Photoshop CS3,CS5,CS6 juga sama. Membedakan adalah dari sebuah tampilan dan fitur tambahan saja untuk yang disediakan kepada pengguna.

Dalam dalam dunia grafis atau percetakan, pastinya sudah tidak asing lagi mengenai hal spanduk untuk menyebarkan sebuah informasi. Penggunaan spanduk ini sudah dilakukan sejak dari adanya percetakan tahun 90an. Kalau sekarang lebih dominan pada menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada masyarkat. 


Terkadang spanduk juga sering dilakukan ketika acara seminar atau lainnya. Nah, berhubung spanduk banyak dibuat oleh orang, Ada beberapa pertanyaan bagaimana cara membuat desain spanduk itu untuk bisa dicetak ? Karena biasanya orang awam mengenai desain suka menyuruh kepada orang lain dan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk desainer tersebut. 


Saya akan memberikan tutorial ini menggunakan Adobe Photoshop, dan yang nantinya juga akan memberikan tutorial membuat spanduk menggunakan softaware vector lainnya seperti CorelDRAW ataupun Ilustrator. Namun pada sering orang membuat desain spanduk menggunakan software CorelDRAW dan Adobe Photoshop.



Cara Membuat Spanduk dengan Software Adobe Photoshop


Membuat spanduk sekarang saya akan menggunakan tema Coffee Shop, memberikan tema warna dengan nuansa elegan. Untuk selengkapnya silahkan Anda untuk mengikuti langkah berikut ini.

Langkah 1: Pastikan Anda sudah siap dengan membuat Adobe Photoshop dan membuat layout dengan resolusi 1280x300 dengan warna background hitam. Untuk Resolution berasal dari 72 dpi saya rubah dengan 300 dpi berfungsi sebagai ketajaman gambar tersebut. Semakin besar Dpi maka semakin besar pula kualitas gambar ketika di cetak.




Langkah 2: Ketika sudah membuat background, tampilannya seperti berikut ini



Langkah 3: Masukan gambar penunjang tampilan pada tema tersebut, berhubung saya menggunakan tema Coffe Shop. Jadi saya sudah menyiapkan gambar coffee, Anda bisa memasukan gambar dengan cara drag atau import.





Langkah 4: Buat layer baru dengan cara berikut ini.




Langkah 5: Ketika sudah membuat layer baru, Hasil akan menjadi transparant.



Langkah 6: Klik pada layer baru tersebut, Kita akan membuat gradient transparant berfungsi sebagai gambar coffee tersebut bisa disamarkan. Dengan cara klik kotak pada tanda merah, Lalu tekan drag ke kiri.



Langkah 7: Hasilnya akan seperti kotak, Namun sebelah kiri menjadi blur alias menjadi gradient.



Langkah 8: Kita akan membuat kotak atau rectangle untuk menambahkan variasi.



Langkah 9: Aturlah warna ractangle menjadi wara putih dan miringkan 30 derajat. Lalu paskan pada kotak layout.



Langkah 10: Tidak sampai itu, Kita akan menambahkan dengan variasi gradient transparat ujung saja dengan cara Effect Control > Gradient Overlay > Transparant rubah dengan warna hitam saja.



Langkah 11: Untuk pada gradient dikotak berikut ini



Langkah 12: Setelah dengan style berikut ini, Copykan rectangle dengan cara cursor pada objek dan tahan Alt pada keyboard. Lalu seretkan objek tersebut maka secara otomatis akan tersalin.



Langkah 13: Geserkan pada posisi ujung kanan, tambahkan kata sesuai brand Anda. Semisal dibawah ini



Langkah 14: Kita akan merubah dengan warna putih saja. Oh iya untuk font Anda bebas sekreasi mungkin. Untuk font seperti saya yaitu Open Sans atau Bubblegum Sans



Langkah 15: Tambahkan variasi garis tipis dengan mengapit text tersebut, seperti dibawah ini.



Langkah 16: Nah untuk final Anda bisa menambahkan slogan tambahan, seperti menu, alamat media sosial atau lainnya.



Demikian saja dari saya mengenai tutorial cara membuat desain spanduk menggunakan Adobe Photoshop. Jika memang sangat membantu dengan kebutuhan Anda, Silahkan untuk share artikel ini kepada orang lain yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Download File Spanduk 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel