Cara Membuat Konten Power Point yang Menarik Untuk Presentasi


Membuat konten presentesi yang menarik menjadi salah satu cara untuk memikat para audiens ketika Anda sedang menjelaskan sebuah materi, produk, ataupun urusan lainnya. Konten presentasi ini lebih umum kita menggunakan dengan Power Point.


Meskipun silde Power Point sebagai alat bantu presentasi, tidak berarti Anda harus membuat dengan alakadarnya. Survey membuktikan kebanyakan orang ada yang tidak kreatif membuat slide untuk menjelaskan kepada audiens.

Memang seperti apa ? Kita harus bisa memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Microsoft Power Point ini menjadi konten menarik untuk presentasi. Bukan hanya mengandalkan text paragraf saja membuat para penonton malah pusing untuk membaca dan memahaminya.

Presentasi hanya menggunakan text saja mereka akan berasa bosan memperhatikan Anda sedang berbicara. Bukan mengamati isi materi Anda melaikan mereka memikirkan kapan presentasi ini berakhir. 

Pada kesempatan baik ini kita akan membahas cara membuat konten Power Point untuk presentasi yang menarik. Karena kita akan menambahkan sedikit visualisasi dan cara penyampaiannya. 


Cara Membuat Konten Power Point yang Menarik Untuk Presentasi 


Merubah pola pikir seseorang berawal dari hal biasa saja menjadi luar biasa, Jika anda sudah membuat presentasi outlinenya atau masih secara text isi materi tersebut tidak apa. Kita akan merubah satu persatu menjadi lebih unik lagi.


1. Memilih Tema


Power point sudah menyediakan tema bawaan yang memang polos warna putih, Kita bisa memakai tema yang ada saja. Tidak usah ribet cukup simpel tapi elegan. Ada beberapa langkah hal penting yang kita akan sesuaikan dengan tema tersebut. 

Ada 3 hal kita harus perhatikan berawal dari desain, warna, dan jenis font.

Langkah Pertama

Setelah anda membuka Power Point pilih menutab Design > Bebas pilih Theme yang sesuai dengan tema anda untuk presentasi. Untuk sekedar contoh saya akan menggunakan theme berwarna hitam agak sedikit variasi. 


Untuk mengubah kombinasi warna pada theme tersebut, Silahkan anda pilih kolom pinggir Theme > Variant bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.



Jika anda ingin mengubah kombinasi huruf, masih di tab Design > Theme > Variant dan klik panah paling sudut pojok kanan bawah. Ada beberapa pilihan font yang Anda gunakan. Sebagai contoh saya menggunakan Arial Black



Dengan telah memilih theme slide yang kita akan gunakan, Sementara tema ini kita akan gunakan untuk slide Power Point presentasi.


2. Mengganti Bullet-Poin dengan Icon


Dalam slide yang Anda miliki pasti pernah menggunakan bullet point untuk menerangkan materi berupa hal sedikit tapi penting, Semisal saya akan merubah dari bullet point diiringi kata yang akan dikembangkan menjadi sebuah icon.

Berikut slide contoh yang saya gunakan sebelum dirubah dan masih menggunakan bullet point.



Untuk mengganti dari tempilan sederhana yang memang kurang menarik untuk dilihat untuk penonton. Mari kita akan sesuaikan dengan merubah dari beberapa item tersebut menjadi hal yang menarik.

Sebelum menuju kepengeditan, saya akan menggunakan font jenis Open Sans atau Sinki Sans yang Anda bisa download di halaman situs fontsquirrel.com terdapat banyak font keren gratis cocok untuk para desainer.


Cara Membuat Icon 

Pertama, kita membuat lingkaran dengan ukuran dimensi 2.5x2.5 dan atur warna dan isi terhadap icon tersebut yang memang berhubungan dengan kata tadi.

Pilih tab menu Insert > Shapes > Oval/Lingkaran 



Setelah membuat lingkaran dengan dimensi yang secukupnya, sekarang klik lingkaran tersebut maka Anda akan berada pada tabmenu Format. Pada tabmenu tersebut ada fitur Shape Style untuk merubah warna dan menghilangkan Shape Outline.



Simbol lingkaran ini saya akan rubah dengan warna merah dan juga menghilangkan Shape outlinenya.



Tambahkan tanda petik 2 dan balikan sesuaikan dengan bentuk seperti ini dengan memilih font yang ada pada power pointnya. Lalu kita tambahkan kata item pertama tadi dan menjadi seperti ini.



Saya akan skip pembuatan icon lainnya, Untuk hasil yang saya telah buat seperti contoh dibawah ini :



Nah sebelum menggunakan icon memang terlihat agak biasa malah tidak ada menariknya sama sekali, Kini item tersebut sudah dibuat menjadi sebuah icon warna-warni dengan menyesuaikan latarbelakang yang gelap. Maka icon tersebut harus diberi warna agak terang sedikit yaaa.

Jika Anda membuat dengan latarbelakang warna cerah atau putih silahkan menyesuaikan dengan membuat icon berwarna agak gelap supaya icon tersebut bisa dilihat dengan jelas.

Untuk contah lainnya seperti berikut ini :





3. Kreatif Membuat Timeline


Setiap presentasi yang dibuat tak luput dari materi dengan list adalah menggunakan timeline. Hal ini memang sangat banyak saya jumpai pada matakuliah apa saja hadirnya list tersebut.

Rata-rata mahasiswa kelompok tidak beda jauh dengan yang lain hanya tamplan flat saja termasuk saya juga pernah mengalami hal tersebut.

Tak jarang membuat konten Power Point yang Menaik sangat minim sekali itupun paling hanya menambahkan gambar saja dan sisanya hanya sebuah text dengan list saja. Akhirnya ada solusi untuk merubah tampilan dengan awal mula seperti dibawah ini :


Terlihat biasa bukan ? Nah kita akan merubahnya dengan sedikit hiasan yang akan lebih menarik dari pada contoh seperti diatas.

Untuk membuatnya kita menutuju tabmenu Insert > Smart Art 

Pada kolom Smart Art akan muncul lagi jendela berbagai pilihan SmartArt Graphic > Process > Contohnya saya memilih seperti pada gambar dibawah ini :


Tinggal menambahkan tahun tadi kedalam objeknya, Untuk merubah warna klik Objek lalu pilih Colorful . Secara default objek berjumlah 3 saja, Untuk menambahkan klik tanda panah pada objek tersebut.


Sekarang kita akan mencantumkan text keterangan dari tahun tersebut dan hasilnya menjadi seperti berikut ini :


Menarik bukan ? Silahkan Anda praktekan dengan sekreatif mungkin lebih dari ini masih banyak cara lain yang bakalan lebih menarik untuk memikat penonton ketika kita menjelaskan sebuah materi.

4. Memanfaatkan Diagram


Diagram merupakan reprentasi dari skematik terhadap data sesuatu. Jadi dari diagram tersebut terdapat data informasi apapun tergantung sesuai dengan materi mereka yang dijelaskan.

Sebenarnya dalam SmartArt sudah tersedia banyak pilihan diagram, Tetapi ada lebih khusus lagi yaitu menu Chart.

Memilih menu Insert > Chart, Pada jendela selanjutnya dengan pilih Pie > Selanjutnya objek berikut ini :



Setelah itu, Anda bisa menambahkan angka data pada diagram tersebut. Saya akan memberikan conoh dengan angka yang sama seperti contoh dibawah ini.

Jangan lupa untuk menghapus keterangan chartnya dengan klik saja seperti pada text box atau objek saja lalu hapus.



Untuk hasilnya seperti dibawah ini :



Nah begitu saja bagaimana cara mebuat konten Power Point yang menarik itu mudah bukan ? Sekian saja dari saya dengan materi kali ini semoga adanya artikel ini dapat dimanfaatkan sebaiknya oleh pembaca. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel