Iklan Atas Artikel

Cara Membuat Motion Graphic Pop Up Menggunakan Adobe After Effect


Membuat sebuah animasi graphic memang diperlukan keterampilan khusus untuk bisa menghasilkan video motion graphic yang keren. Melalui artikel kali ini saya akan memberikan sebuah cara untuk membuat motion graphic pop up menggunakan after effect. Walaupun Anda pengguna software after effect pemula tidak masalah, Karena saya akan memberitahu secara detail untuk cara membuatnya.


Pada animasi tersebut kita hanya memerlukan sebuah text dan objek lingkaran saja. Pop up ini terkesan menarik untuk dijadikan video motio graphic Anda. Bagaimana cara membuat motion graphic pop up ini ? Silahkan untuk simat tutorial dibawah ini:



Cara Membuat Motion Graphic Pop Up di After Effect


Pertama, Siapkan software Adobe After Effect kalian bebas untuk versi berapa saja dan buka, Lanjut buat Layer > Solid



Untuk ukuran akan menyesuaikan dengan composion, silahkan untuk menambahkan nama pada Layer Solid yang akan dibuat.



Untuk warna Layer Solid pilih dengan warna putih.




Kita akan membuat sebuah objek dengan lingkaran berfungsi sebagai penambah effect animasi pop up seperti pada gambar GIF diatas. Pada Layer objek lingkaran silahkan untuk menambahkan Mask.



Kita akan duplikat Mask dengan tekan pada keyboard Ctrl + D



Pada Mask 2 yang telah di duplikat, Kita rubah mode "Add" menjadi Substract. Berfungsi sebagai lingkaran tadi merubah menjadi Stroke



Buatlah animasi pada keyframe dengan memaikan menggunakan Scale untuk bisa melihart perubahan pada objek lingkaran tadi. 



Atur Scale untuk menganimasikan effect tersebut



Pada Mask 1 kita atur untuk menghilangkan pada objek lingkaran tersebut.



Pada pengaturan ini untuk membuat pop up pada objek tersebut.



Pada tutorial ini memang cukup panjang bila dijelaskan satu persatu, Saya akan membagikan tips cara membuat motio graphic berupa video. Untuk selanjutnya silahkan untuk tonton video berikut ini sampai habis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel