Iklan Atas Artikel

Cara Membuat Animasi Bergerak di Power Point dengan Mudah

Cara Membuat Animasi Bergerak di Power Point dengan Mudah - Salah satu fitur dari power point sangat tidak asing lagi menggunakan animasi bergerak bagi yang sering menggunakannya. Akan tetapi bagi yang masih baru belajar membuat presentasi dengan power point akan terasa sulit karena belum mengetahui tata letak dari fitur tersebut.

Fitur animasi yang telah disediakan akan berfungsi pada objek dan setiap slide di power point. Berbagai macam animasi yang bisa berupa memunculkan sebuah objek, mengganti warna objek, menghilangkan objek, menggerakan objek dan lainnya. 

Menggunakan animasi ini memang akan menjadi lebih menarik dari biasanya. Hal ini kita harus mempelajari berbagai tips bagaimana fungsi dari fitur yang telah disediakan oleh power point. 



Akan tetapi masih banyak orang pengguna PowerPoint masih belum paham cara membuat animasi pada sebuah presentasi. Terkadang saya juga pernah menemui penggunaan animasi yang kurang tepat ketika orang sedang presentasi. Malah saya melihat dari yang disampaikan dari segi visual kurang menarik perhatian para audiens.

Pada kesempatan kali saya akan membahas penggunaan animasi PowerPoint secara tepat untuk anda ingin membuat presentasi. Insya Allah dengan adanya tutorial ini Anda dapat membuat presentasi lebih elegan dan professional.

Jenis Animasi Pada PowerPoint 


Pada kategori animasi sangat terbatas karena dari segi fungsi sama saja. Akan tetapi ada perbedaan yang mendasar dari animasi yang akan diulas. Untuk fitur tenang saja sangat banyak untuk digunakan. 

1. Entrance Effect

Entrance effect berfungsi untuk memberikan animasi berupa memunculkan objek dari tidak ada menjadi ada dengan smooth. Misalnya animasi jenis Fade.


2. Emphasis Effect

Emphasis effect berfungsi untuk menekankan suatu objek sehingga lebih menonjol dari yang lainnya. Misalnya pada jenis Fill Color (mengubah warna shape).


3. Exit Effect

Exit effect berfungsi sebagai menghilangkan suatu objek pada slide presentasi. Misalnya jenis Fade. Berbeda dari Entrance Effect yang memunculkan tetapi satu jenis animasi.


4. Motion Path

Motion path berfungsi untuk memindahkan objek dari suatu titik ke titik lain. Misalnya jenis Lines.


Cara Membuat Animasi Pada Power Point


Sebelum kita menambahkan sebuah animasi pada slide yang telah dibuat, pastikan slide yang dibuat sudah mengikuti kaidah slide yang baik dan menarik. Pada contoh kali ini saya mengikuti dari sumber terpercaya dari bidang presentasi dengan tema Modern Dark.



Cara membuat animasi pada PowerPoint memang sangat mudah bilamana Anda sering menggunakannya.Oleh karena itu kita akan melihat langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Memilih Objek Untuk diberikan Animasi


Objek ini bisa berupa teks, gambar ataupun shape yang telah dibuat. Kali ini saya akan memilih objek berupa gambar. Anda bisa memilih satu persatu gambar tersebut atau bisa memilih secara sekaligus dengan cara menekan tombol Ctrl lalu klik gambar lainnya.




2. Memilih Animasi yang Tepat digunakan


Pada langkah selanjutnya kita akan memilih animasi yang diinginkan. Sudah diketahui ada jenis empat animasi yang kita gunakan. Akan tetapi banyak macam variasi dari animasi tersebut untuk dipakai. Untuk contoh kita akan menggunakan animasi Entrance effect dengan jenis Fade yang seketika berawal tidak tampak dan perlahan-lahan menjadi ada.

Klik tab animation, Lalu pilih menu tanda panah arah kebawah. 



Setelah memilih menu tersebut, maka akan muncul tampilan berikut ini. Lalu akan tampak melihat menu More Entrance Effect.



Ketika pada menu Change Entrance Effect kita milih Fade.



Dengan demikian Anda sudah berhasil menambahkan animasi Fade. Jika anda sudah mengetahui dasarnya, Maka untuk menambahkan animasi lainnya tidak akan berbeda jauh seperti langkah diatas. 

Namun, Anda menambahkan animasi dari jenis animasi, objek atau lainnya tinggal atur sedemikian rupa sesuai kebutuhan Anda. 


Cara Membuat Animasi Path 


Animasi Entrance, Emphasis dan Exit memiliki cara yang sama pada saat menambahkan animasinya. Namun untuk Motion Paths ada sedikit hal yang berbeda. Untuk langkahnya silahkan simak dibawah ini.

1. Pilih objek yang akan diberi animasi.

2. Pilih menu tab animations dan klik panah kebawah seperti langkah diatas.

3. Lalu scroll kebawah dan pilih lines.



4. Akan muncul tanda panah sebagai berikut ini.



5. Sebagai penjelasan, titik hijau adalah titik awal objek dan untuk titik merah adalah titik akhir objek.

6. Lakukan drag pada titik merah ke tempat yang Anda inginkan.


Kini slide Anda sudah berhasil menambahkan objek dengan animasi Motion Paths.


Menyesuaikan Durasi Pada Animasi


Pernahkan Anda melihat presentasi dengan animasi terkadang sangat cepat atau dibilang lambat ? Walaupun masalah sepele, hal ini mengakibatkan kesannya kurang bagus ketika dilihat. 

Oleh karena itu terjadi masalah tersebut adanya kurang tepat ketika pengaturan atau mungkin orang tersebut tidak mengetahui cara mengatur timer animasi pada PowerPoint.

Berikut cara mengubah timming durasi animasi yang ditambahkan pada objek. 

1. Pilih objek tersebut yang sudah diberi animasi.

2. Pilih tab animations, Lalu disebelah pinggirnya ada Animations Pane untuk PowerPoint 2010,2013,2016 sedangkan pada PowerPoint 2007 Custom Pane.



3. Setelah klik Animations Pane akan muncul seperti berikut ini, kemudian anda pilih Timming.



4. Masukan waktu atau durasi yang Anda butuhkan. Sebagai contoh saya akan memasukan nilai 0,3. Maka animasi tersebut akan bergerak dengan durasi selama 0,3 detik.

Silahkan tentukan durasi yang tepat untuk jenis animasi yang Anda pilih.


Ada cara yang lebih efisien adalah dengan cara klik tab animations lalu ubah durasi pada bagian yang di tandai dibawah ini.



Aturlah timming durasi yang pas untuk objek, saya sarankan jangan lebih dari 1 detik. Karena diatas 1 detik memang cukup lama. Akan tetapi Anda mempunyai alasan kuat untuk menambah durasi pada animasi tersebut memang dikarenakan kebutuhan dari presentasi misalnya.

Demikian saja sedikit ilmu dari saya mengenai cara membuat animasi bergerak di PowerPoint dengan mudah. Jika memang artikel ini bermanfaat bagi Anda silahkan untuk berbagi kesemiua orang yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel