Cara Memperkecil atau Kompresi Ukuran Gambar Untuk Meringankan Loading Blog

Menambahkan gambar kedalam blog merupakan sebuah hal yang mutlak memang wajib untuk dilampirkan. Alasannya salah satu faktor yang berpengaruh menambah keindahan terhadap konten tersebut.

Secara visualisasi ketika orang berkunjung kepada blog kita untuk mencari sebuah informasi yang dibutuhkan. Para visitor akan terasa nyaman dipandang dari pada tidak ada gambar sama sekali.



Gambar ini memang sangat berpengaruh untuk meningkatkan optimasi dipandagan mesin pencari. Namun, harus anda perhatikan ketikan menambahkan gambar tidak sembarang melampirkan. 

Pasalnya ada saja orang dan termasuk saya pernah mengalami menambahkan gambar dengan ukuran diatas 1MB. Hal ini dapat memperburuk kinerja kecepatan dari website itu sendiri. 

Menurut Backlinkoa.k.a Brian Dean yang menganjurkan gambar harus dengan ukuran sewajarnya seperti dibawah 200kb saja. Tujuan utama dari metode ini memang sangat berpengaruh untuk loading halaman lebih ringan ketika dikunjungi orang lain.

Konsepnya semakin kecil ukuran gambar maka semakin kecil pula ukuran gambar. begitupun sebaliknya. Terkadang gambar ini mempunya ekstensi yang sering digunakan untuk dipublikasikan yaitu PNG, JPG, GIF.


Cara Kompres Ukuran Gambar Menjadi Lebih Kecil


Perlu anda ketahui terlepas dari faktor lainnya, bahwa salah satu faktor yang berpengatuh terhadap ranking halaman situs di mesin pencari google adalah kecepatan blog. Jika halaman blog semakin cepat maka berpeluang lebih untuk dikunjungi orang lain dan bisa menempati di halaman pertama google. Oleh karena itu salah satu tercepat untuk meringankan website dengan mengkompres gambar yang sebelum disisipkan ke artikel.

Google sendiri sudah memberikan referensi bagaimana kita harus menggunakan gambar yang baik dengan berikut pernyataan dari google.

  • PNG memang sudah lebih baik dari GIF, meskipun beberapa browser lawas hanya mendukung PNG saja.
  • Gunakan GIF untuk grafik yang sangat kecil atau sederhana (misalnya kurang dari 10x10px atau palet warna yang kurang dari 3 warna).
  • Gunakan JPG untuk semua gambar bertema fotografi.
  • Jangan gunakan format BMP atau TIFF.

Untuk memperkecil gambar kita harus membutuhkan sebuah software khusus, memperkecil ukuran ini maksudnya kita mengecilkan ukuran akan tetapi mempertahankan kualitas gambar yang hampir sama dengan aslinya. 

Jika anda seorang desainer tentu tidak akan sulit untuk memecahkan masalah ini. Pasalnya saya juga menggeluti dibidang desain jadi memang menggunakan softawre tempat desain juga bisa memperkecil ukuran gambar.

Pada tutorial saat ini memang saya dikhususkan bagi orang yang tidak mengenal software desain, jadi Anda akan menggunakan software khusus yang tidak perlu menggunakan perangkat keras begitu bagus. 

Salah satu softaware yang akan kita gunakan adalah PNGGauntlet memang software kecil akana tetapi bisa di andalkan yang lebih jelas lagi fungsi dari software ini diantaranya.

  • Menggabungkan softaware PNGOUT, OptiPNG, dan DelfOPT untuk membuat ukuran gambar dengan format PNG akan semakin kecil.
  • Kompresi mempertahanka kualitas gambar, hanya ukuran saja diperkecil.
  • Bisa mengkonversi JPG, GIF, TIFF, dan BMP menjadi PNG. 

Untuk mengkompres gambar menggunakan tools tersebut terbilang sangat mudah:

Langkah Pertama

Silahkan Anda download terlebih dahulu software PNGGauntlet dan jangan lupa untuk melakukan instalasi software ini Anda perlu menginstal dahulu MS. Framework 4.0. Bilamana belum silahkan untuk download terlebih dahulu dan instal di laptop atau desktop Anda. 

Langkah kedua

Untuk mengkompres gambar silahkan untuk DRAG atau pilih Add Image pada tools tersebut. Lalu pada kolom diatas Anda tentukan dimana penyimpanan gambar akan disimpan setelah dikompres. 

Setelah memasukan gambar silahkan untuk klik tombol OptimazeJika sudah berhasil maka, akan ada tanda seperti berikut ini.



Anda harus menunggu beberapa waktu saja yang memang tergantung dari ukuran gambar tersebut. Jika gambar mempunyai ukuran yang lebih besar maka Anda harus lebih lama menunggu.

Demikian saja sedikit informasi dari saya mengenai cara mengkompres ukuran gambar lebih kecil dengan mudah. Jika anda selalu menerapkan dan memperhatikan ukuran gambar yang akan disisipkan maka load halaman blog kita akan terasa enteng. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba !