Cara Membuat Akun Webmasters Google Untuk Blogger Pemula

Bagaimana Cara Membuat Akun Webmasters Google Untuk Blog - Banyak seorang blogger yang sudah lama tetapi tidak mengetahui fungsi dari webmasters yang disediakan oleh Google. 

Pada dasarnya memang webmasters ini sangat membantu untuk perkembangan blog Anda sebagai blogger untuk mempublikasikan secara luas artikel yang telah diterbitkan. Sebelum menuju praktek saya akan memberitahukan kepada Anda apa itu Websmasters tool ?


Bagaimana Cara Membuat Akun Webmasters Google Untuk Blog - Banyak seorang blogger yang sudah lama tetapi tidak mengetahui fungsi dari webmasters yang disediakan oleh Google.     Pada dasarnya memang webmasters ini sangat membantu untuk perkembangan blog Anda sebagai blogger untuk mempublikasikan secara luas artikel yang telah diterbitkan. Sebelum menuju praktek saya akan memberitahukan kepada Anda apa itu Websmasters tool ?          Webmasters tool merupakan sebuah alat untuk bisa memantau blog berinterkasi dengan mesin pencarian. Salah satu webmasters populer sering digunakan oleh para blogger yaitu Webmasters google dan bing.     Kedua webmasters ini memiliki fungsi yang sama, akan tetapi bertujuan yang berbeda. Pasalnya webmasters kedua itu berbeda pendirinya. Webmasters google untuk kepentingan di search engine google sedangkan webmasters bing untuk search engine bing.    Namun. pada kesempatan kali ini saya akan membahas dari Webmasters Google terlebih dahulu. Pertama bagaimana cara mendaftakannya dan kedua bagaimana cara menggunakannya untuk pertama kali.    Cara Membuat Akun Google Webmaster Tools Bagi Pemula   Alangkah lebih baik anda sudah membuka dashboard blogger, karena kita akan menanamkan kode verifikasi yang telah diberikan oleh google search console.    Jangan heran pada tampilan saya akan menggunakan webmasters versi sebelumnya. Pada akhir 2018 google telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Oke, kita lanjut saja pada tahap awal yaitu:    Pertama, Anda buka halaman situs google search console atau webmasters google di https://www.google.com/webmasters/ Kemudian Anda tinggal Sign Google Search Console.    2. Masukan alamat website anda menuju "Add A Property".      3. Selanjutnya, Google webmasters akan meminta Anda untuk menyalin kode verifikasi kepemilikan disimpan di bagian template. Biasanya kode ini diperintahkan setelah kode <head> . Tetapi harus dipilih pada menu Alternatif Methods, Lalu ada kolom HTML Tag berisi kode meta. pastikan Anda salin terlebih dahulu.       4. Langkah paling penting, Anda tinggal menuju pada Dashboard blogger dengan memilih Tema > Edit HTML > Letakan kode tadi dibawah <head> seperti dibawah ini.      5. Simpan tema apabila kode telah diletakan sebagaimana intruksi diatas. Jika sudah selesai Anda kembali lagi ke halaman google webmasters. Silahkan untuk di refresh dengan F5 atau secara manual dan hasilnya seperti berikut ini.        Selamat, Anda telah memiliki akun webmasters google ! Setelah ini apakah selesai ? Tidak masih ada langkah yang harus anda lakukan. Namun, pada artikel ini saya cukupkan sekian untuk materi selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara submit sitemap menggunakan webmasters google. Selamat mencoba!


Webmasters tool merupakan sebuah alat untuk bisa memantau blog berinterkasi dengan mesin pencarian. Salah satu webmasters populer sering digunakan oleh para blogger yaitu Webmasters google dan bing. 

Kedua webmasters ini memiliki fungsi yang sama, akan tetapi bertujuan yang berbeda. Pasalnya webmasters kedua itu berbeda pendirinya. Webmasters google untuk kepentingan di search engine google sedangkan webmasters bing untuk search engine bing.

Namun. pada kesempatan kali ini saya akan membahas dari Webmasters Google terlebih dahulu. Pertama bagaimana cara mendaftakannya dan kedua bagaimana cara menggunakannya untuk pertama kali.


Cara Membuat Akun Google Webmaster Tools Bagi Pemula


Alangkah lebih baik anda sudah membuka dashboard blogger, karena kita akan menanamkan kode verifikasi yang telah diberikan oleh google search console.

Jangan heran pada tampilan saya akan menggunakan webmasters versi sebelumnya. Pada akhir 2018 google telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Oke, kita lanjut saja pada tahap awal yaitu:

Pertama, Anda buka halaman situs google search console atau webmasters google di https://www.google.com/webmasters/ Kemudian Anda tinggal Sign Google Search Console.

2. Masukan alamat website anda menuju "Add A Property".


3. Selanjutnya, Google webmasters akan meminta Anda untuk menyalin kode verifikasi kepemilikan disimpan di bagian template. Biasanya kode ini diperintahkan setelah kode <head> . Tetapi harus dipilih pada menu Alternatif Methods, Lalu ada kolom HTML Tag berisi kode meta. pastikan Anda salin terlebih dahulu.


 4. Langkah paling penting, Anda tinggal menuju pada Dashboard blogger dengan memilih Tema > Edit HTML > Letakan kode tadi dibawah <head> seperti dibawah ini.


5. Simpan tema apabila kode telah diletakan sebagaimana intruksi diatas. Jika sudah selesai Anda kembali lagi ke halaman google webmasters. Silahkan untuk di refresh dengan F5 atau secara manual dan hasilnya seperti berikut ini.



Selamat, Anda telah memiliki akun webmasters google ! Setelah ini apakah selesai ? Tidak masih ada langkah yang harus anda lakukan. Namun, pada artikel ini saya cukupkan sekian untuk materi selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara submit sitemap menggunakan webmasters google. Selamat mencoba!