Cara Membuat Banner Youtube yang PAS Menggunakan CorelDRAW X7

Bagaimana Membuat Sampul Youtube dengan CorelDRAW X7 - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagaimana cara yang posisinya secara pas untuk di gunakan. 

Terkadang semua orang sangat sulit mengukur berapa yang cocok untuk dipasang pada channel youtubenya. Memang hal ini juga termasuk saya yang berawal rumit sekali cara mengukur ukuran banner youtubr kalo ditrawang hehehe..




Namun ternyata ada ukuran tertentu yang baru kepikiran oleh saya, kita akan menggunakan beberapa bantuan dengan gambar berasal dari google. Hal ini bisa dikatakan dengan nama template atau sebagai acuan sebelum membuat banner untuk channel youtube kalian.

Pada saat ini saya akan menggunakan software vektor dari CorelDRAW versi X7. Anda bisa menggunakan versi berapapun karena dari segi fungsi sama saja. Perbedaan hanya dalam segi tampilan saja dan paling juga penambahan fitur.


Cara Membuat Background Youtube yang Sesuai Ukuran


1. Silahkan Anda membuka software CorelDRAW.

2. Download gambar untuk sebagai template acuan sebelum kita membuat template. Berikut URLnya https://goo.gl/qJGZfy

3. Ukuran gambar minimum dari ketentuan youtube adalah 2560 x 1440 px. Silahkan anda membuat background terlebih dahulu dengan ukuran tersebut. 

4. Setelah itu kita akan membuat sampul yang benar-benar akan ditampilkan oleh youtube dengan ukuran 2560 x 423 px. Untuk selengkapnya seperti dibawah ini ya.

5. Sekarang kita sudah mempunyai ukuran rules dari sampul untuk channel youtube kita. Nah untuk saat ini saya akan membuat backgroundnya dengan cara dibawah ini. Jika anda sudah menemukan gambar template segera salin dan simpan di Page Layout CorelDRAW.



6. Ikutilah pola pada gambar tersebut dengan membuat Rectangle. Selanjutnya kita membuat kotak dari ukuran yang ditampilkan oleh youtube.



7. Klik pada Rectangle yang tengah barusan dibuat, Klik kanan dan pilih Convert to Curves.



8. Jika sudah terlihat seperti ini, Silahkan untuk menggunakan Shape Tool atau F10.


9. Ketika sudah diblok dengan Shape Tool, Geser dengan menekan Shift pada keyboard berfungsi sebagai titik yang terblock rapih ketika digeser.


10. Copy dan silahkan tiru seperti berikut ini.



11. Setelah itu kita akan membuat sebuah gambar masuk kedalam rectangle yang telah dibuat tadi. Untuk contoh gambar seperti pada gambar sebelah kanan. Anda tentukan terlebih dahulu gambar apa yang ingin dimasukan. Lalu bilamana sudah tersedia silahkan untuk masukan kedalam page layout.



12. Klik kanan pada gambar tersebut dan pilih PowerClip Inside.



13. Biasanya setelah pilih PoweClip Inside terdapat Tanda Panah, dan arahkan pada rectangle yang akan diberi gambar.



14. Kita akan mengedit dengan mengubah posisi gambar tersebut. Oh iya, ketika rectangle sudah dimasuki sebuah objek maka formatnya akan berubah menjadi PowerClip.


15. Pilih dari Objek PowerClip tadi dan Edit PowerClip.


16. Lakukan secara berulang dengan gambar Anda. Untuk hasilnya seperti berikut ini.



17. Setelah objek menjadi PowerClip maka tidak bisa kita memasukan ke kotak pada ukuran 2560 x 423 px tadi. Oh iya, sebagai penambah silahkan untuk menambahkan objek rectangle diatas Objek PowerClip diberi warna Putih dan diberi Effect Transparancy.




18. Nah berbeda bukan dengan hasil pertama ? Seolah warnanya terlihat sama. Untuk Objek PowerClip hilangkan bordernya menjadi 0 px saja.



19. Seleksi objek sesuai masing-masing karena tiap Objek PowerClip terdapat 1 Rectangle tadi dengan warna putih transparancy 64%.



20. Kita masukan lagi kedalam Persegi Panjang pada ukuran 2560 x 423 px dan kita beri nama setiap pada Objek PowerClip. Untuk anda memang semisal dokumentasi sendiri tidak nama juga tidak mengapa.



21. Untuk hasil finishnya seperti berikut ini.



Demikian saja tutorial dari saya mengenai Cara Membuat Banner Youtube Sesuai Ukuran Standar. Jika memang sangat bermanfaat bagi Anda silahkan untuk share kepada orang yang membutuhkan. Selamat mencoba !

Download Project : Google Drive

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel