Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress Gratis dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Menggunakan Wordpress Gratis – Blog merupakan sebuah halaman situs yang memberikan media informasi  secara publik dengan mengandung text, gambar, audio, maupun video. Secara umum yang Anda ketahui pasti ketika mencari informasi yang dimaksud akan berupa text dan gambar saja.

Tidak semua orang mengetahui secara teknis untuk membuat sebuah website, bahkan ada juga tidak tahu fungsi dari website itu sendiri.  Oleh karena itu kami akan mengajarkan atau sharing sedikit ilmu tenteng bagaimana cara membuat sebuah blog/website secara gratis dengan platform WordPress.


Sebelum praktek dimulai Anda harus memahami betul dengan platform satu ini, Apa itu WordPress ? WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka.


Anda hanya cukup mengunjungi situs WordPress.com untuk memulai sebagai publisher, Jadi dari beberapa secara teknis dari platform wordpress ini ada berbayar dan ada yang gratis. Untuk berbayar anda perlu membutuhkan sebuah hosting dan domain saja. Sedangkan gratisan Anda dapat mengakses, tetapi domain yang digunakan dari subdomain wordpress itu sendiri.


Default : www.namadomainku.wordpress.com 

Website gratis anda akan disimpan pada server wordpress selaku penyedia layanan, Jika anda ingin merubah domain menjadi terlihat professional seperti menggunakan TLD (Top Level Domain) Anda harus membeli secara terpisah dan harga yang sesuai dari penyedia layanan tersebut.

Nama domain TLD : www.namadomainku.com


Pada kali ini kami akan membahas dengan langkah membuat website atau blog secara gratis, Anda hanya memerlukan sebuah email saja tanpa harus mengeluarkan biaya.


Cara Membuat Blog Platform Wordpress



Langkah yang pertama silahkan Anda untuk mengunjungi wordpress.com untuk mendaftarkan sebagai bagian dari wordpress. Jika ingin melakukan pembuatan blog, Anda perlu menyiapkan sebuah email aktif untuk verifikasi. Pilih Get Started



2. Masukan email aktif Anda dan tentukan password sebagai kata kunci keamanan akun.




3. Tentukan nama dari judul blog yang akan dibuat, misal "Information Technology". Jika selesai memenuhi instruksi pilih Continue.



4. Nah dari tampilan ini, Anda menentukan alamat domain sesuai keinginan. Saya sarankan untuk membuat alamat nama domain cari sependek mungkin karena ini dapat memudahkan mengingat alamat blog oleh orang lain. Sebagai contoh saya memberikan nama "dospoin".

Setelah melakukan pencarian terhadap kata tersebut Anda bisa memilih yang gratis menggunakan subdomain yaitu dospoin.wordpress.com.



5. Sebagai pemula atau basic, kita akan memilih yang Free saja. Namun anda harus ketahui memang ini gratis sampai kapanpun domain akan aktif tidak akan terhapus. Akan tetapi penggunaan anda akan dibatasi dari segi fitur yang disediakan oleh pihak wordpress. 



6. Jika memang langkah demi langkah sudah dilewati. Maka terakhir Anda akan dialihkan menuju dashboard tampilan Wordpress. Dimana pada tampilan ini Anda dapat menulis artikel, menambahkan plugin, ataupun kepentingan lain seperti memperbaiki tema wordpress.


Selamat, Kini anda telah mempunyai sebuah website atau blog dengan platform secara gratis. Untuk sementara biarkan saja menggunakan gratisan walaupun dari segi fitur terbatas, 

Pada suatu nanti, saya yakin anda telah mempelajari semua dengan mandiri akan menemukan hal yang baru. Semisal menggunakan wordpress berbayar alias menyewa hosting dan bisa mengedit template secara leluasa. Mungkin sekian dari saya yang dapat disampaikan mengenai Cara Membuat Blog Wordpress secara gratis. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Selamat mencoba!