Iklan Atas Artikel

Tutorial Dasar Cisco Packet Tracer Untuk Pemula [Simulasi Jaringan]

Cara Menggunakan Software Cisco Packet Tracer Untuk Pemula [Simulasi Jaringan] - Sebelum kita membuat sebuah jaringan alangkah baiknya belajar pemahaman mengenai jaringan walaupun Anda tidak mempunyai alat-alat yang harus disediakan semestinya.



Kita akan praktek dengan menghubungkan komputer dengan komputer lainnya dengan menggunakan kabel LAN ( Local Area Network ). Namun, jangan khawatir Anda bila belum mengerti cara membuat kabelnya atau malas mencarinya. 

Pada kali ini praktek menggunakan sebuah software digital yang memang metode ini sangat berkaitan ketika mulai langsung praktek ke aslinya. Untuk simulasinya kita harus siapkan software Cisco Packet Tracer di Instal dalam laptop atau komputer Anda.


Tutorial Software Cisco Packet Tracer Untuk Pemula


Jika memang Anda belum mempunyai softaware tersebut, Silahkan untuk download dibawah ini. 

Download Software Cisco Packet Tracer Version 6.2 Free

Langkah Pertama

Sebagai dasar untuk pemula, Kita akan menambahkan 2 buah komputer yang saling terhubung. Klik icon PC seperti berikut dan pilih Generic.



Langkah Kedua

Drag PC Generic sebanyak 2 kali seperti berikut.



Langkah Ketiga

Setiap PC tambahkan sebuah IP Address dengan cara klik pada PC yang ingin ditambahkan dan pilih menu Desktop.



Langkah Keempat

Untuk IP Address kita memilih pada kelas C atau standar saja dengan 192.168.1.1 dan Subnet Mask 255.255.255.0akan secara otomatis ada yang menyesuaikan alamat IP Address.



Langkah Kelima

Lakukan hal yang sama pada PC 2, Perlu diingat untuk PC 2.. IP Address harus berbeda dari IP Address PC Pertama. Nah untuk IP Address PC 2 saya menambahkan 192.168.1.2.



Langkah Keenam

Untuk saling menghubungkan dari kedua PC ini kita membutuhkan sebuah kabel. Nah, untuk kabel ini kita memerlukan sebuah kabel Copper Cross Over yang seperti garis putus-putus. Lebih jelas lagi simak dibawah ini.




Langkah Ketujuh


Jika sudah, kita akan mencoba test ping dengan command prompt. Apakah dari kedua PC ini saling terhubung atau tidak.

Langkah Kedelapan

Silahkan anda klik salah satu PC dan klik pergi ke menu Desktop, pilih Command Prompt. Tulis "ping alamat IP Address client" . Contoh "ping 192.168.1.1" . Pastikan anda menuju pada IP Address dari PC yang ingin di ping.



Langkah Kesembilan

Untuk lebih cepat Anda bisa menggunakan Tools berikut ini dan klik pada PC yang ingin di cek.



Untuk penerapan silahakn untuk klik, dan pastikan ada gambar seperti surat.



Hasilnya anda bisa melihat seperti berikut ini.



Demikian saja tutorial dasar pengenalan untuk Cisco Packet Tracer pemula. Untuk selebihnya Insya Allah saya akan membuat tutorial lebih dari pada ini yang memang tujuan membuat simulasi ini untuk melatih kita bisa mahir dalam jaringan.

Pelatihan menggunakan software ini memang sangat bermanfaat sebelum kita terjun ke aslinya. Selamat mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel