Mengetahui Berbagai Fungsi Shaping Tool di CorelDRAW

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan manfaat fitur dari Shaping tool pada CorelDRAW yang memang bagian sering digunakan saat mendesain. Anda tidak akan merasa asing dengan tools ini, karena pada software vektor lainpun sudah pasti ada fitur tersebut.

Ada berbagai macam fitur shaping tool di CorelDRAW untuk merubah bentuk, menyambung, atau menggabung sebuah beberapa objek. Namun, beberapa desainer yang masih baru menggunakan CorelDRAW ataupun software vektok lainnya kurang mengetahui fungsi tools ini buat apa.



Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan manfaat fitur dari Shaping tool pada CorelDRAW yang memang bagian sering digunakan saat mendesain. Anda tidak akan merasa asing dengan tools ini, karena pada software vektor lainpun sudah pasti ada fitur tersebut.

Jujur, saya juga perna mengalami hal tersebut yang ketika masih bingung cara memanfaatkan fungsi shaping tool di CorelDRAW tersebut. Ada juga beberapa desainer yang sebagian mengetahui dari tools ini akan tetapi tidak mengetahui dari nama tool shaping.


Oke, Kita akan membahas terlebih dahulu apa itu Shaping ? Shaping merupakan sebuah tools yang memiliki berbagai fungsi diantaranya memotong, menggabungkan, membuat irisan pada 2 buah objek atau lebih.


Shaping tool di CorelDRAW mempunyai 7 pilihan yang memang tergantung kebutuhan para desainer. Fungsinya juga berbeda beda setiap shaping tool di CorelDRAW ini, walaupun ada beberapa terlihat sama dan hasil akhirnya juga sama.



Memahami Beberapa Fungsi Shaping Tool di CorelDRAW


Sebelum menuju materi, dari yang disampaikan ini akan mempelajari teknik dan mengetahui perbedaan dari fungsi masing masing shaping tool. Menu shaping dibagi beberapa kelompok yang memang telah disesuaikan dengan fungsinya yaitu Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front, Boundary.


Untuk mengetahui posisi Shaping di menu dengan cara menuju Menu Bar > Object > Shaping




Bagaimana cara menemukan pada Property Bar ? Hal ini sangat mudah dilakukan, hanya Anda siapkan minimal 2 object. Untuk selebihnya Anda tinggal seleksi kedua objek tersebut dan akan terlihat Shaping di Property Bar.


Pertama, buatlah minimal dua buah objek yang saling bertindih di layout Anda seperti contoh dibawah ini.




Kedua objek tersebut seleksi secara bersamaan, makan pada Property Bar secara otomatis akan menampilkan Shaping tools.




Untuk sekarang kita akan mempraktikan bagaimana fungsi dari setiap menu Shaping tool pada sebuah objek. Setiap penggunaan shaping tools ini sangat sering sekali untuk digunakan dalam membuat desain. Selengkapnya silahkan untuk lihat berbagai dari fungsi Shaping tool CorelDRAW. 



1. Weld


Weld merupakan sebuah tool yang berfungsi menggabungkan dari kedua atau lebih objek menjadi satu baik dari segi bentuk atau warna objek. Sudah kita ketahui bahwa untuk menggunakan tools tersebut menseleksi kedua objek. Akan tetapi untuk Weld pilih salah satu kedua objek yang akan di gabungkan ke objek utama.


Sebagai contoh saya akan menggabungkan kotak warna biru menuju warna hijau dan dalam segi bentuk menjadi satu. 

2. Trim


Trim merupakan sebuah tool yang berfungsi sebagai memotong bentuk objek yang dapat mengikuti pola objek menjadi sebuah alat potong. Semisal saya akan memotong kotak hijau oleh kotak biru seperti dibawah ini.

3. Intersect


Intersect meripakan sebuah tool yang berfungsi sebagai menciptakan objek baru dari potongan kedua objek yang saling bersebrangan atau bertindih. Contohnya seperti dibawah ini.

4. Simplify


Simplify merupakan sebuah tool yang berfungsi sebagai memtong objek kebalikan dari trim, dari segi fitur memang sama saja akan tetapi hanya kebalikan seperti trim. Untuk contoh seperti dibawah ini.


5. Front Minus Back

Sebuah tools yang berfungsi sebagai memangkas sebuah objek seperti trim atau simplify akan tetapi kita bisa membedakan yaitu hilangnya dari objek pemotong pada kotak berwarna biru.



6. Back Minus Front


Sebuah tools yang mempunyai fungsi sama seperti Front Minus Back akan tetapi kebalikannya.

7. Create Boundary

Sebuah tools yang berfungsi sebagai membuat objek baru tetapi berbentuk line saja dari berasal kedua objek seperti dibawah ini.



Begitulah dari berbagai fungsi shaping tools CorelDRAW yang memang sangat berguna sekali ketika kita hendak membuat sebuah desain vektor. Saya sendiri sering sekali menggunakan shaping tools ini. 

Demikian saja penjelasan singkat dari saya tentang kegunaan Shaping Tool di CorelDRAW dengan mudah dipahami. Jika bermanfaat silahkan untuk share kepada orang yang membutuhkan atau sedang belajar CorelDRAW. Selamat mencoba !