Ukuran ID CARD Standar Sesuai Kebutuhan dan Kegunaan Secara Umum

Berapa Ukuran Standar ID Card Panitia dan Secara Umumnya ? - Sebelum menuju pembahasan utama yaitu mengenal berbagai jenis ukuran ID Card digunakan secara global maupun standar di Indonesia. Lebih dikenal dengan tanda kartu pengenal tertulis untuk pegawai, panitia acara, anggota organisasi ataupun masih banyak kegunaan lainnya.

Peran penting paling utama adalah untuk memperkenalkan diri kita kepada publik yang biasanya terdapat isi nama, nomor kartu, logo organisasi atau instansi, dan foto pribadi dengan posisi close up.

Pengenalan ID Card Sesuai Standar


ID Card merupakan sebuah tanda pengenal yang sering digunakan dalam dunia kerja, ukuran ID Card sendiri memang terbilang sangat ramah penyimpanan karena bisa disimpan di dompet seperti kartu pada umumnya.

Ada juga penyimpanan ID Card menggunakan sebuah tali ataupun jepitan di saku kanan atau kiri untuk memperkenalkan bahwa Anda seorang pegawai dari perusahaan atau instansi tertentu.



Untuk sekaran ID Card sudah berperan di sebuah acara organisasi yang memang tanda pengenal tersebut dibuatkan kepada panitia acara, biasanya organisasi atau lainnya yang secara standar ID Card tersebut menggunakan tali digantungkan dileher.

Kita bisa mengetahui kualitas dari ID Card digunakan yang memang tergantung dari sebuh desain kartu tanda pengenal. Jika memang mengadakan sebuah acara yang cukup besar pasti tidak akan menggunakan desainer yang dibawah standar, begitu pula dalam ruang lingkup percetakan.

Peranan dan Jenis ID Card


Pada perkembagan zaman modern ini. peranan ID Card memang sangat penting dalam segala kebutuhan keperngurusan. Memang dimana sebuah negara sudah memberikan syarat standar sesuai fungsi sebagai kartu tanda penduduk seperti indonesia yang memang sah menjadi warga negaranya.

Selain ukuran KTP, ukuran id card memang sangat diperlukan untuk kebutuhan perusahaan hingga anak SD pun ada juga yang mempunyai kartu tanda pengenal. Memang terlihat sepele, akan tetapi sangat bermanfaat dalam hal tertentu. Untuk jenis tanda pengenal sangatlah banyak, seperti :
  • KTP
  • SIM
  • ATM
  • Tanda Pengenal Karyawan
  • Id Card Organisasi
  • Id Card Panitia
  • dan masih banyak lagi

Ukuran Standar ID Card Secara Global


Sebelum kita membuat sebuah ID Card untuk tanda pengenal keanggotaan, pertama kali kita harus mengetahui standar ukuran dari ID Card yang akan digunakan. Karena ini sudah menjadi ketetapan internasional yang di atur oleh International Organizattion for Standars (ISO) badan ini tidak sembarangan mengeluarkan aturan tentang ukuran untuk Id Card yang akan disesuaikan dengan semua jenis kertas.




Sesuai standar Internasional ukuran ID Card yang digunakan menjadi 4 macam bagian ukuran kartu nama diantaranya.
  1. ID-1 : 85.60mm x 53.98mm Memiliki ciri sudut yang bulat dengan ukuran ini sesuai standar memang biasa digunakan untuk kartu Atm,Debit Card, kartu nama, id card panitia dan lainnya.
  2. ID-2 : 105mm x 74mm ( digunakan untuk standar kartu tanda penduduk )
  3. ID-3 : 125mm x 88mm, digunakan untuk kartu pasport dan juga Visa
  4. ID-4 atau ID -000 : 25mm x 15mm, di fungsikan untuk kartu SIM dengan ciri khasnya memiliki sudut yang terpotong.
Pada penjelasan diatas merupakan sebuah jenis standar id card dalam satuan milimiter, Jika anda ingin mengetahui dalam ukuran centimeter hanya memerlukan pembagian dengan angka 10. Semisal 85.60mm x 53.98mm menjadi 8.56cm x 5.398cm.

Ada beberapa macam jenis dan ukuran id card untuk digunakan dalam sesuai standar seperti dibawah ini.

Ukuran EKTP atau KTP Indonesia, menggunakan ukuran standar ISO dengan panjang 85.60mm x Lebar 53.98mm sedangkan untuk jenis pixels adalah 1011 x 638 pixels.

Ukuran Name Tag atau ID Card Panitia yang biasanya dipakai sebuah event dalam sebuah organisasi sebagai tanda peserta atau panitia. Pada name tag ini memiliki ukuran yang bervariasi diataranya 9.7cm x 13.7cm, 9.5cm x 11.9cm, 8.1cm x 11.2cm, 5.8cm x 8.6cm.


  • Ukuran Id Card A1 100 x 68 mm
  • Ukuran Id Card A2 106 x 82 mm
  • Ukuran Id Card A3 115 x 92 mm
  • Ukuran Id Card B1 102 x 65 mm
  • Ukuran Id Card B2 126 x 79 mm
  • Ukuran Id Card B3 126 x 95 mm
  • Ukuran Id Card B4 155 x 106 mm


Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia


Berbicara tentang kartu nama tentu yang perlu harus diperhatikan adalah ukuran standar internasional, bahan pembuat kartu nama dan desain sebuah kartu nama (ID Card).

Mengenai ukuran sebuah kartu nama banyak aturan standar yang meski patut diperhatikan, karena beda negara terkadang ukuran standar sebuah kartu nama atau ID Card juga berbeda. Antar Indonesia dan negara Eropa memiliki standar sebuah ukuran kartu nama yang berbeda.
  • Kartu Nama standar Asia Hongkong, China, Singapore, Malaysia, mempunyai ukuran 90 mm x 54mm.
  • Kartu Nama standar di negara negara Eropa 85 mm x 55 mm,
  • Kartu Nama standar Australia, Indonesia, Denmark, New Zealand, Norway, Taiwan, Sweden, Vietnam, India, Colombia , mempunyai ukuran 90 mm× 55 mm
  • Kartu Nama Standar Jepang mempunyai ukuran 91 mm x 55 mm
  • Amerika, Kanada, Belanda: 89 x 51 mm
  • Hungaria, Republik Ceko: 90 x 50 mm
  • Inggris, France, Italia, Spanyol: 85 x 55 mm



Pembuatan ID Card


Pertama kali untuk membuat sebuah ID Card adalah membuat ukuran yang sesuai kebutuhan penggunaanya. Jadi, masalah desain kartu nama kembali lagi kepada pembuat desainernya yang harus mempunyai data diri dari setiap anggota kartu nama.

Namun untuk standar ukuran kartu nama di Indonesia kebanyakan adalah menggunakan ukuran 90 x 55mm sedangkan versi percetakan ada yang beranggapan (Percetakan Indonesia: 88 x 53 mm dan 90 x 55 mm), namun kita sendirilah yang akan menentukan baik versi percetakan atau sesuai Standar Nasional Indonesia atau sering disebut SNI.

Nah begitu saja sedikit penjelasan tentang ukuran ID Card sesuai standar Indonesia, Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kepada para pembaca dan jangan lupa untuk sharing lagi kepada teman yang membutuhkan penjelasan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Desain ID Card Keren Format CDR Gratis Download

Hasil Pencarian :


Id card, ukuran kartu nama, ukuran id card, id card ukuran, kartu nama standar, ukuran kartu nama indonesia, ukuran id card indonesia, berapa ukuran id card, bentuk kartu nama, ukuran standar id card, contoh ukuran id card.