Bagaimana Cara CLEANING Printer Yang Benar di Windows 10 ? Semua Jenis Printer

Cara Maintenance atau Cleaning Sebuah Printer di Windows 10 - Printer merupakan sebuah hardware yang memang untuk mencetak sebuah dokumen berupa file menjadi output perangkat keras yang bisa berbasis kertas atau bahan lainnya.

Pada kesempatan kali saya akan membahas printer pada umumnya yang memang membantu Anda untuk perawatan secara berkala. Tentunya sebuah printer juga membutuhkan perawatan agar usia pemakaian lebih panjang dan tidak sering bermasalah.

Cara Maintenance atau Cleaning Sebuah Printer di Windows 10 - Printer ,erupakan sebuah hardware yang memang untuk mencetak sebuah dokumen berupa file menjadi output perangkat keras yang bisa berbasis kertas atau bahan lainnya.    Pada kesempatan kali saya akan membahas printer pada umumnya yang memang membantu Anda untuk perawatan secara berkala. Tentunya sebuah printer juga membutuhkan perawatan agar usia pemakaian lebih panjang dan tidak sering bermasalah.

Nah bagaimana cara merawat printer semua tipe pada Windows 10 ? Caranya kita hanya melakukan cleaning yang berfungsi untuk menjaga stabilitas alur tinta yang akan disalurkan melalui kertas. Jadi bilamana ada printer bermasalah misalnya ketikta melakukan print dokumen tidak sesuai dengan file atau sebagainya.

Paling lumrah masalah terjadi adalah tinta tidak sampai ke kertas alias bisa dikatakan tersendat. Bahkan pengalaman saya ada sebuah printer yang memang umurnya sudah terlampau tua diatas 5 tahun.

Cara Cleaning atau Maintenance Printer di Windows 10


Terkadang saya ingin cetak dokumen tetapi warna tinta tidak sesuai dengan file pada komputer, dan warna tinta tertentu tidak muncul kebagian selang printer. Solusinya adalah saya melakukan cleaning terus terusan yang akhirnya bisa digunakan kembali.

Langkah ini bisa digunakan walaupun Anda berbeda jenis printer. Hanya saja beda dalam segi fitur dan tampilan antarmuka saja.  Untuk langkah selengkapnya silahkan ikuti perintah dibawah ini dengan baik.

1. Buka menu pengaturan pada Windows Setting > Pilih Device.


2. Pada menu Device ini terdapat banyak menu lagi untuk kebutuhan perangkat keras lainnya. Lalu kita pilih Printers & scanners.


3. Nah, kita sudah tau printer mana saja yang pernah kita gunakan selama ini. Silahkan pilih jenis printer yang sesuai dengan kalian gunakan. Pada saat ini saya menggunakan Printer EPSON L220 Series.


4. Tidak semua jenis printer menggunakan Printing preferences, ada juga seperti Printer Canon iP2700 Series pilihan Printer properties.


5. Nah pada menu EPSON L220 Series Printing Preferences > Silahkan untuk memilih Maintenance.


6. Sudah ditemukan ya pengaturan berbagai setting, Kita pilih Head Cleaning > Start. Jangan lupa ketika maintenance pastikan USB Printer terhubung dengan laptop Anda.


7. Tunggu beberapa saat pemrosesan, Ini langkah cleaning pada printer Anda.


8. Jika sudah, klik Print Nozzle Check Pattern untuk print hasil pewarnaan dan kestabilan printer.

9. Jika memang sudah proses pada print dokumen berupa check Maintenance, Silahkan untuk klik Finish. Maka dari itu CLEANING Printer di Windows 10 Anda sudah selesai.


Nah bagaimana mudah bukan ? Rata-rata semua jenis apapun printer yang Anda gunakan untuk langkahnya sama saja. Hanya pada pemilihan Printer di Device akan berbeda. Nanti Anda tinggal memilih printer yang akan di Cleaning. Adapun ketika seseorang menggerakan cursor selain menggunakan mouse yaitu touchpad, Sebagian orang tidak mengetahui cara memperbaiki touch laptop dengan mudah, untuk selanjutnya baca disini.

Jika memang Anda punya bermasalah dalam printer semisal tersendat tinta tidak sampe ke kertas, Langkah Cleaning Printer memang sangat dianjurkan. Kalau bermanfaat silahkan share kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel