Cara Menambah Hardisk Drive C Tanpa Instal Ulang Windows

Beberapa kasus orang ketika Instalasi Windows adalah memberikan ruang space yang sangat minim pada partisi C tempat file semua OS Windows. Padahal, Jika Anda seorang multimedia memerlukan aplikasi yang sangat banyak disarankan minimal ruang 200GB.

Ketika saya menemukan masalah yang sama ketika orang membeli Laptop baru kadang rata-rata ruang space hardisk C 100 GB saja. Jika Anda jarang memerhatikan ruang penyimpanan hardisk memang ini cukup fatal yang berakibat lambatnya ketika membuka sebuah aplikasi dan aktifitas lainnya.

Kebanyakan orang solusi ini dipecahkan harus instalasi ulang sistem operasi. Tentu saja membuang waktu saja, belum lagi instal drivernya yang cukup memakan waktu. Nah, bagaimana cara menambah Hardisk Drive C tanpa harus instal ulang Windows ?  Berbeda dengan cara ini, Anda hanya menggunakan aplikasi pihak ke tiga tanpa harus kehilangan file dalam hardisknya.

Cara Menambah Hardisk Pada Partisi Drive C Tanpa Instal Ulang 


Masalah ini dialami oleh saya sendiri yang berawal 100 GB Drive C dan Drive E F masih keadaan 450 GB. Salah satu kuncinya, Pastikan salah satu partisi Drive Anda harus ada yang kosong minimal 50 GB.

Kalau terlalu limit yaa tanggung untuk memindahkannya. Anda harus menghapus sebagian filenya dulu pada partisi E F misalnya. Oke, kembali ke topik, bahwa saya menambah drive C terlihat sekali perbedaan dari segi performa yang berawal lambat membuka aplikasi dan setelah ruang C besar ternyata menambah kinerja laptop atau komputer.

1. Anda harus mengintal software MiniTool Partition Wizard, Silahkan untuk download disini.

2. Jika sudah download, segera install pada laptop atau komputer Anda.

3. Silahkan buka software tadi, Jika sudah terbuka pilih Menu Disk & Partition Mnagament.


4. Tampilannya akan seperti dibawah ini, Anda dapat mengetahui berbagai partisi dengan jumlah ruang kapasitas setiap masing-masingnya. Sampai Merk dan jenis dari Hardisk MBR atau GPT yang digunakannya.

Anda akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas untuk mengelola Hardisk yang memang sangat direkomedasikan untuk di install.


5. Silahkan pilih Partisi Hardisk yang masih kosong untuk dipindahkan sebagian ke Drive C. Contohnya saya menggunakan Pasrtisi F. Setelah klik partisi, Pilih menu pada samping kiri Change Partition > Move/Resize Partition.


6. Atur berapa besar yang akan di donorkan alias pindahkan menuju Drive C, Misal saya 100.32 GB. Lalu tekan OK.


7. Jika pada tahap tersebut sudah, Anda akan melihat parisi sesuai yang didonorkan tadi menjadi format Unallocated yang berawal Primary. ( Untuk selanjutnya kebawah saya tidak menggunakan gambar karena sedang membuka banyak software alias multi tasking) Jadi anda perhatikan pada nomor berikutunya dengan cermat.

8. Pilih Partisi Unallocated tersebut, kembali lagi ke menu Change Partition > Extend Partition > Nah Anda pilih akan kemanakan partisi tersebut. Silahkan untuk memilih Drive C.

9. Atur bagian ruang hardisk Fullkan sesuai tadi yang telah di donorkan misal 100GB, maka full kan gesesr kanan menjadi 100 GB. Lalu pilih OK.

10. Tunggu beberapa saat yang memang cukup lama, Jika memang telah selesai silahkan untuk cek partisi C anda bertambah atau tidak.

Naha bagaimana mudah bukan ? Cara ini telah terbukti dengan pengalaman saya menambah ruang partisi hardisk C menjadi lebih besar tanpa harus instal ulang. Jika memang bermanfaat silahkan untuk share kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel