Cara Menghilangkan Background Gambar di CorelDRAW Menjadi Transparan

Bagaimana cara menghapus background putih atau warna lainnya pada gambar di CorelDRAW ? - Membutuhkan gambar di internet sangat jarang sekali dengan format PNG alias transparan background. Jadi, Anda tinggal menggunakan saja objek yang dibutuhkan tanpa harus mengedit ulang.

Bagaimana bila Anda menemukan sebuah gambar yang memang ada backgroundnya ? dan Anda harus menghilangkan background yang terdapat pada gambar itu ? Oke, Saya akan membahas nya menggunakan software vektor CorelDRAW. Tentunya pada pertama kali menggunakan CorelDRAW bahkan saya sudah setahun lebih belum mengetahui cara menghilangkan background pada gambar menjadi transparan.


Memang bisa, Akan tetapi solusinya saya menggunakan software lain yaitu Photoshop. Saya selama setahun lebih dengan cara itu sangat menguras waktu. Akan tetapi menghilangkan background putih misalnya Anda harus sepaket mengintall Corel Photo Paint.

Cara Menghilangkan Background Gambar Warna Putih di CorelDRAW


Sebelumnya menggunakan cara lama tidak efektif, saya memang tidak berisiniatif untuk mencari tutorialnya di internet. Ketika memang dibutuhkan tidak sempat melihat tutorial dan giliran ada waktu lupa terus hehehe...

Biasanya Corel Photo Paint akan terpasang satu paket pada software CorelDRAW yang memang ketika tahap instalasi, Anda akan ditawarkan mau menginstall produk Corel lainnya atau tidak. Jika memang anda sudah mempunyai terisntall di komputer, Cekidot kita langsung saja pada pembahasan tutorial cara menghilangkan backdround putih di corel.

1. Sikahkan buka aplikasi CorelDRAW yang Anda gunakan, Lalu masukan gambar yang akan dihilangkan backgroundnya. Seperti yang Anda ketahui, pada gambar dibawah ini saya akan menghilangkan background berwarna abu pada objek burung elang.


2. Oh iya, Jangan lupa yang ketika Anda memasukan gambar berupa bitmap di CorelDRAW harus di Convert dahulu. Bagaimana cara melakukannya ? Pilih Menu Bar > Bitmaps > Convert To Bitmap > Pastikan kolom Transparent Background tercentang.

3. Ketika sudah melakukan Convert To Bitmap, Sekarang Anda bisa langsung pilih Edit Bitmap. Sudah terlihat bahwa keterangan pada kotak bakalan membuka Corel PHOTO PAINT.

 4. Tunggu beberapa saat untuk membuka Corel Photo Paint, Anda akan melihat tampilan tidak jauh berbeda dari Corel Draw. Sekarang kita pilih menu Magic Wand Mask.


5. Klik pada Mouse ke arah Background yang akan dihilangkan setelah itu tekan Delete pada Keyboard.


Hasilnhya akan seperti ini.


6. Simpan gambar yang telah Anda edit tadi, Secara otomatis akan berubah pada layout CorelDRAW Anda.


7. Nah ini penampakan gambar di Layout CorelDRAW, Sudah terbukti jelas bukan ? Berawal berwarna abu sekarang menjadi Transparan. Anda tinggal menambahkan background pendukung lainnya yang hasilnya seperti gambar dibawah ini.
Saya menambahkan gambar Gunung Himalaya, dan hasilnya seperti berikut ini. 


Begitulah cara menghilangkan background pada gambar menggunakan CorelDRAW. Jika memang bermanfaat silahkan untuk share kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih