Cara Memperbaiki Mouse Wireless Yang Rusak Tanpa Ribet

Mouse adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input device. Pada dasarnya mouse digunakan sebagai pointer atau penunjuk, dan memiliki beberapa fungsi penting lainnya seperti klik kanan, klik kiri dan juga scrool atau penggulung layar.

Perkembangan mouse semakin berkembang dengan berkembangnya sistem mouse wireless atau tanpa kabel. Kebanyakan, sistem mouse wireless menggunakan konektivitas Bluetooth atau infra red, sehingga mouse dapat bekerja tanpa menggunakan kabel.


Akan tetapi, mouse wireless juga rentan terhadap gangguan, salah satunya adalah tidak berfungsinya ketika digunakan. Penyebab utama mouse tidak berfungsi mungkin terlihat simple dan sederhana. Tetapi efeknya bisa menyebabkan mouse wireless Anda menjadi tidak dapat berfungsi dengan normal. Berikut ini adalah cara memperbaiki mouse wireless yang rusak.

1. Baterai Habis


Penyebab mouse wireless tidak terdeteksi yang paling gampang ditebak. Mouse wireless bekerja dengan menggunakan daya baterai. Terkadang pengguna tidak menyadari baterai di dalam mouse wireless sudah habis.

Selain baterai lemah, juga bisa terjadi ketika jangkauan sinyal dan penerima lemah. Gangguan sinyal terjadi ketika sinyal dari beberapa perangkat lain yang mengganggu koneksi mouse nirkabel, seperti lampu neon, radio, ponsel, dan benda logam lainnya.

2. Mouse Wireless Belum Dinyalakan


Penyebab satu ini sekilas terlihat konyol. Tetapi, karena masyarakat sudah terbiasa menggunakan mouse biasa yang menggunakan kabel, dimana saat komputer atau laptop dinyalakan mouse sudah siap digunakan.

Sedangkan jika menggunakan mouse wireless, Anda harus menyalakan mousenya terlebih dahulu. Tidak aktifnya mouse wireless bisa terjadi karena tidak terdeteksi dengan laptop anda.

3. Driver Mouse Wireless Belum Terinstal


Penyebab mouse wireless tidak terdeteksi bisa jadi karena driver mouse wireless belum terinstal dengan baik.

Bisa terjadi karena port USB yang rusak, atau proses instalasi driver, laptop atau komputer sempat bermasalah dan cara memperbaiki mouse wireless yang rusak, anda bisa membuka langkah-langkah berikut :

  • Klik kanan pada my computer
  • Pilih properties, lalu pilih device manager
  • Cek pada Universal Serial Bus Controller, terdapat tanda seru berwarna kuning atau tidak
  • Apabila iya, berarti driver USB anda mengalami masalah.
  • Untuk memperbaikinya, lakukan install ulang driver, atau melakukan proses update pada driver USB tersebut.

4. Mouse Terjatuh, Terbanting, dan Pecah


Penyebab paling sering terjadi pada mouse wireless. Mouse yang terjatuh biasanya tidak terlihat mengalami kerusakan hardware. Solusinya yaitu mengganti mouse wireless anda itu dengan yang baru, karena pada dasarnya, mouse memiliki harga yang cenderung murah, sehingga jarang sekali ada orang yang menerima service mouse.

5. Koneksi Bermasalah


Ketika mouse yang digunakan mengalami loose connection atau kursor tidak merespon gerakan mouse, kita perlu lakukan dengan memeriksa koneksi wireless mouse yang tercolok di port usb komputer/laptop. Bisa karena receiver tidak terpasang dengan benar. Untuk memperbaikinya dengan cara, unplug receiver mouse wireless dan plug atau colokkan kembali. Jika port bermasalah, coba ganti dengan mencolokkan mouse wireless receiver ke port yang lain.

6. Virus


Virus dapat menyebabkan mouse tidak bekerja dengan baik. Terkadang meng-klik sendiri, kursor melompat tak terkendali, karena disebabkan oleh virus. Gunakan antivirus berkualitas untuk menscan seluruh sistem komputer. Cek juga konfigurasi software tertentu yang mungkin mengalami perubahan dan menyebabkan mouse macet digunakan.

Itulah beberapa cara memperbaiki mouse wireless yang rusak dan selalu pastikan untuk mengganti baterai mouse wireless secara rutin. Hal tersebut adalah cara merawat mouse wireless agar tidak cepat. Sekian semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda sampai jumpa di artikel selanjutnya