Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop dengan Mudah

Di zaman sekarang ini internet bukanlah sesuatu yang asing ditelingga kita, bahkan sudah menjadi suatu seperti kebutuhan kita. Bukan hanya sekadar untuk bermain sosial media, juga untuk bermain game online seperti sekarang ini.

Selain itu, banyak orang yang mencari tempat Wi-Fi untuk menghemat kartu data. Hampir di semua tempat sekarang ini banyak menggunakan fasilitas WI-Fi, seperti halnya kafe atau rumah makan, dengan hal itu bisa membantu untuk menarik perhatian kaum fakir Wi-Fi atau pencari Wi-Fi gratis.


Banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan sinyal wifi pada laptop. Disini kita akan menjelaskan dan menguraikan beberapa cara memperkuat sinyal wifi pada laptop.

1. Gunakan Antena Wi-Fi Eksternal


Biasanya modem pada Wi-Fi sinyalnya terpancar tidak beraturan, dan biasanya terhalang oleh dinding, perangngkat elektronik ataupun lainnya yang dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Antena Wi-Fi dapat menguatkan sinyal, dengan bentuk yang sederhana tinggal dicolokan pada laptop kita.

2. Cari Posisi Yang Pas


Karena dengan mencari posisi yang tepat juga membantu kita untuk mendapat sinyal yang kuat, karena posisi kita dekat dengan router wifi.

Semakin sedikit penghalang antara kita dengan sumber wifi maka akan semakin kuat pula sinyal yang didapat. Tetapi terkadang posisi dekat dengan router tidak membantu penguatan sinyal jika terlalu banyak halangan di sekitar. Pasalnya berbagai benda padat dapat menahan dan memantulkan sinyal tersebut sehingga menjadi tidak beraturan.

3. Pakai Peranti Wi-Fi Terbaru


Cara memperkuat sinyal wifi pada laptop selanjutnya adalah dengan mengganti wireless card di laptop atau PC dengan teknologi paling terbaru.

Kita tahu bahwa banyak teknologi wireless yang semakin berkembang dan sudah terdapat lima jenis teknologi Wireless yang tersedia yaitu A, B, G, N, dan AC. Teknologi Wireless A, B, dan G merupakan teknologi lama yang kecepatannya masih lambat.

Sedangkan Wireless N dan AC merupakan yang terbaru dan tercepat di segi kecepatan. Maka dari itu, jika router yang digunakan sudah menggunakan teknologi wireless N dan AC, maka gunakanlah wireless card dengan teknologi keduanya juga agar kecepatannya maksimal.

4. Konfigurasi Wireless Laptop


Dengan ini kita juga dapat menguatkan sinyal wifi pada laptop kita, dengan cara klik kanan icon wifi yang terdapat pada bagian bawah kanan, lalu pilih Open Network and Sharing Center.

Setelah itu, klik pada opsi bertuliskan Change Adapter Settings yang ada pada sidebar kiri jendela Network and Sharing Center. Selanjutnya akan masuk ke Network Connection. Di dalam jendela Network Connection ini, klik kanan pada icon yang bertuliskan Wireless Network Connection, lalu pilih opsi Properties.

Lalu klik tombol yang bertuliskan Configures, klik saja pada tab yang bertuliskan Advance, lalu lakukan beberapa perubahan pada beberapa menu.

Kemudian pada menu Roaming Aggressiveness ini sebaiknya tingkatkan nilainya menjadi lebih besar. Semakin besar nilai yang dimasukkan, maka semakin kuat juga laptop Anda untuk menangkap sinyal dari hotspot wireless. bertujuan untuk meningkatkan roaming dari perangkat Wifi yang terpasang pada laptop agar bisa mengontrol kekuatan dari koneksi jaringan wifi dari laptop ke hotspot atau access point.

Untuk opsi selanjutnya lakukan perubahan pada valuenya menjadi Enable. Bertujuan untuk memaksa adapter wifi pada laptop agar bisa menggunakan mode packet burst (Wifi Multimedia Mode). Fungsi dari packet burst ini cocok untuk kamu yang senang streaming atau mendownload paket-paket multimedia lainnya.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan dapat memperkuat sinyal wifi laptop kamu. Bisa kamu coba dengan ini kita dapat memperkuat sinyal wifi pada laptop kita. Cara memperkuat sinyal wifi pada laptop, setelah itu rasakan perbedaannya dengan menggunakan jaringan wifi anda saat ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel