Perkembangan Pesat Digital Marketing dalam Persaingan Bisnis di Era Industri 4.0

Tahun 2018 telah berlalu, dimana merupakan tahun kita berada pada era Revolusi Industri 4.0 yang semakin berkembang dalam berbagai bidang usaha hingga saat ini. Kini telah banyak di perbincangkan banyak pihak baik perusahaan, industri, pemerintah, maupun generasi milenial harus mengerahkan kemampuan untuk menghadapinya.

Indonesia khususnya harus menyiapkan sumber daya manusia untuk mengikuti zaman era revolusi ini, untuk bersaing di ranah internasional. Untuk upaya memajukan ekonomi, persaingan bisnis, promosi berbasis digital yang harus banyak mengadakan pembelajaran bagi masyarakat umum yang masih belum melek kemajuan teknologi.

Tidak semua orang mengetahui tentang hal ini, tapi kenapa kok Revolusi Industrinya langsung keempat ? Kalau kesatu, kedua, dan ketiganya mana ? Jadi sebenarnya Revolusi Industri 4.0 itu apa ? Sebelum pada topik utama secara singkat dulu saya kali ini akan memaparkan revolusi industri pertama hingga keempat yang dihadapi saat ini.

Perkembangan Pesat Digital Marketing dalam Persaingan Bisnis di Era Industri 4.0
Image Design by : belajarnyata.com


Ada beberapa tahapan revolusi indutri hingga sampai sekarang yang memang membutuhkan waktu sangat panjang. Namun, dengan seiring waktu manusia pada saat ini sangat terbantu bahkan ketergantungan revolusi industri 4.0.


Revolusi Industri 1.0 


Revolusi Industri pertama adalah paling sering dibicarakan dengan kemunculan mesin uap untuk proses produksi barang. Penemuan ini memang factor paling penting dikarenakan awal berkembangnya hingga revolusi saat ini.

Sebelum ditemukan mesin uap, produksi barang seluruh dunia berawal menggunakan tenaga otot saja. Misalnya manusia, kuda, sapi, kerbau dan tenaga-tenaga otot lainnya. Mungkin menggunakan tenaga otot akan terbatas dalam produksi dan butuh waktu pemulihannya.

Tetapi dengan adanya mesin uap produksi barang semakin meningkat, dikarenakan lebih kuat, fleksibel dan lebih awet. Banyak manfaat meringankan beban pekerjaan manusia terbantu oleh adanya mesin uap ini.

Siapa sangka hadirnya mesin uap mengakibatkan beberapa kekurangan diantaranya pencemaran lingkungan seperti asap dan limbah pabrik. Paling penting adalah kelangkaan tenaga kerja manusia yang memang harus dipekerjakan di bidang lain.

Revolusi Industri 2.0


Setelah Revolusi Industri 1.0 telah mengubah banyak hal, produksi barang sudah menggunakan mesin tenaga uap sedangkan revolusi Industri 2.0 merubah menjadi mesin listrik. Akan tetapi memang tenaga manusia masih dibutuhkan misalnya dalam merakit mobil pertama yang di produksi massal.

Produksi tersebut berawal dalam sistem parallel yang merakit mobil dari nol hingga selesai memakan waktu yang sangat lama. Setelah ada perubahan menjadi sistem serial, produksi menjadi meningkat 2 kali lipat dari sebelumnya bahkan lebih lagi.

Revolusi Industri 3.0 


Pada Revolusi Industri 3.0 yang lebih disimpulkan adalah penemuan sebuah komputer sebagai informasi telah dimulai. Kesimpulannya adalah mengupgrade dari pabtrik tenaga listrik dan manusia saja menjadi pabrik dengan robot dan komputer.

Memang kombinasi paling baik adalah penggunaan produksi menggunakan mesin robot komputer dan manusia merupakan yang terbaik.

Revolusi Industri 4.0


Kita sudah mengetahui ada kemajuan teknologi tidak terasa oleh kita adalah internet. Banyaknya komputer yang terhubung pada jaringan bersama yang didukung komputer semakin kecil yang bisa kita genggam yaitu smartphone.

Inilah bagian dari revolusi kita saat ini, Internet memang segalanya untuk digunakan mencari data informasi yang kita butuhkan kapan saja dan dimana pun kita berada terlebih tersedia layanan jaringan.

Pada kesimpulannya Industri 4.0 bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan, transportasi, dan internet dapat mempengaruhi kehidupan manusia dalam keseharian.

Penggunaan Digital Marketing dan Teknologi Informasi dalam Persaingan Bisnis


Sekarang banyak sebuah perusahaan, pengusaha, pemerintah, industri memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau lainnya. Mau tidak mau marketer harus bisa menyesuaikan pada di era Revolusi Industri 4.0.

Kita perhatikan tren jual beli seperti eccomerce, beli tiket, boking hotel, dan lainnya sudah bisa di akses oleh siapapun dan kapanpun. Ini merupakan tanda majunya penggunaan digital marketing dan teknologi informasi di tengah masyarakat.

Intinya para pelapak atau lainnya telah menyesuaikan dengan strategi digital marketing di era Revolusi Industri 4.0. Saya sadar tidak semua orang pasti bisa memanfaatkan internet untuk menjual produk mereka lebih luas lagi.

Biasanya orang yang belum memahami pemasaran secara online akan mempromosikan menggunakan cetakan online seperti brosur, spanduk dan sebagainya. Padahal penggunaan digital marketing dan teknologi informasi saat ini bisa membantu mereka dalam jangkauan produk.

Faktor Apa Saja Yang Di Perlukan Untuk Penggunaan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 ?


Secara umum kebanyakan digital marketing saat ini adalah penggunaan website, media sosial, dan visualisasi yang menarik untuk memajukan peluang ekonomi dalam sector usaha.

Banyak sekali dampak positif bagi pelaku usaha memanfaatkan digital marketing untuk membangun brand mereka kepada public. Mudahnya saat ini tanpa harus langsung kita melihat ke lokasi tertentu yang cukup membuka smartphone dan terkoneksi internet.

Saya akan mengenalkan beberapa factor penting yang diperlukan untuk kemajuan pada penggunaan digital marketing di Era Industri 4.0 diataranya:

1. Website


Website merupakan sebuah halaman informasi berupa text, data, gambar, yang bersifat statis ataupun dinamis. Untuk era penggunaan digital marketing saat ini menampilkan beberapa informasi suatu perusahaan, instansi berbagai bidang dan personal sekalipun.

Disana kita dapat mempromosikan berbagai keperluan untuk memajukan ekonomi tingkat global. Produk kita akan terlihat hingga sampai luar negeri sekalipun, hanya kita memberikan alamat domain yang kita gunakan.

Akan tetapi tidak semudah dibayangkan, Untuk membangun website berkualitas anda harus menentukan penyimpanan atau hosting terbaik sebagai menyimpan data file website yang akan di akses.

Dimana kita bisa membeli hosting terbaik ? Anda bisa menggunakan layanan hosting dari Niagahoster yang memang sudah terpercaya dan professional bagi berbagai kalangan saat ini.

Setelah menentukan lokasi hosting bagaimana lagi ? Kita harus menyesuaikan tampilan website sesuai bidang yang ditekuni. Misalnya anda seorang Jurnalistik makan template digunakan kategori Magazine/News, seorang pelaku usaha bisa menggunakan template eccomerce atau landing page.

Langkah terakhir kita harus menggunakan nama domain yang relevan atau semestinya. Misal Anda seorang penjual kaos distro. Nama domain digunakan bisa kaosmurah.com jangan seperti menambahkan angka atau simbol tertentu seperti kaosmurah3243.com

Nah begitu beberapa bagian dalam membuat website berkualitas untuk keperluan personal ataupun pelaku usaha.

2. Media Sosial

Sudah tidak asing lagi sekarang penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, Whatsapp dan lain sebagainya. Banyak aktifitas manusia terkait penggunaan digital marketing untuk penghubung antara kedua belah pihak.

Media sosial pertama diciptakan untuk menambah teman dan membangon hubungan harmonis dengan sesame walaupun berbeda wilayah. Namun, sekarang tidak lagi begit. Banyak para pelaku usaha sudah mempromosikan produk mereka menggunakan media sosial.

Memang penggunaan ini dapat memajukan produktifitas bagi para pengusaha, selain itu banyak juga orang bermunculan profesi dalam digital marketing yang disebut enteupreneur yang sebagai memotivasi dan memberi tahu kepada masyarakat belum mengetahui penggunaan digital marketing.

Prospek data menggunakan media sosial ini memang sangat mempengaruhi untuk para pelaku usaha ataupun berbagai pihak instansi, perusahaan atau personal. Sekarang biasanya menyampaikan informasi sekalipun lebih efektif dan efisiensi dibandingkan media offline.

3. Visual


Inilah kombinasi yang sangat berpengaruh untuk penggunaan dalam digital marketing sebagai amunisi untuk di promosikan. Visualisasai gambar ataupun video memang dapat memikat perhatian public dunia maya.

Lihat saja banyak dari pelaku usaha sudah merambah pada visualisasi yang menarik dan modern sebagai memperbagus brand mereka yang dipasarkan. Tidak hanya bagi pelaku usaha saja, melaikan perusahaan, instansi, dan personal juga menyadari hal tersebut.

Tantangan Era Otomatisasi 


Setelah banyak perkembangan dari penggunaan digital marketing, apakah masyarakat Indonesia bisa menghadapinya untuk kedepan ?

Sudah kita sadari produksi barang telah menggunakan mesin robot dan komputer, otomatis tenaga kerja manusia semakin sulit untuk bekerja selain pada bidang tertentu. Intinya pada awal pekerja manusia digantikan oleh mesin robot, membuat pekerja yang berhenti harus mencari bidang baru yang menyesuaikan era Industri Revolusi 4.0.

Apakah bisa untuk menyelesaikan masalah tantangan ini ? Hadirnya industri kreatif, teknologi informasi atau IT merupakan profesi yang tidak perlu membutuhkan memproduksi barang. Namun, ada saling keterkaitan erat pada revolusi saat ini.

Namun, kita perlu mengarahkan masyarakat yang masih belum mengetahui teknologi informasi untuk memanfaatkan sebagai penopang hidup era modern. Banyak sekali pekerjaan sekarang hanya membutuhkan sebuah komputer dan koneksi internet dapat menghasilkan sebuah income.

Oleh karena itu mari kita mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan dalam penggunaan teknologi saat ini berupa sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang masih awam dalam internet. Menggunakan media blog merupakan salah satu upaya membertahukan informasi sekaligus memperbaiki ekonomi bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat