Cara Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Keberadaan touchpad merupakan hal yang krusial pada laptop. Touchpad merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada laptop. Sebagai pengganti peran mouse.

Sebuah touchpad atau biasa juga disebut sebagai glide pad, glide point, pressure sensitive tablet, atau trackpad, ini merupakan perangkat input yang biasa hadir pada laptop, bahkan juga beberapa hadir pada keyboard untuk memindahkan kursor dengan jari anda.

Cara Mudah Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad di operasikan menggunakan jari kita dan menyeretnya ke permukaan datar touchpad. Ketika menggerakkan jari kursor mouse bergerak ke arah yang sama. Kalau touchpad laptop tiba-tiba tidak berfungsi, jangan panik. Berikut merupakan cara mudah memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi


1. Update atau Install Driver


Kemungkinan besar jika touchpad laptop tidak berfungsi dengan baik adalah karena driver-nya tidak ada atau driver-nya rusak. Cara yang harus dilakukan adalah dengan mengupdate driver touchpad. Caranya :

  • Masuk ke “device manager”, bisa dengan cara klik tombol icon windows di keyboar kemudian ketik “device manager” lalu tekan Enter.
  • Lalu pilihan Mice and other pointing devices.
  • Pilih  touchpad anda dan klik kanan ikonnya, lalu pilih Update Driver Software
  • Pilih opsi Search automatically for updated driver software, dan ikuti langkah selanjutnya, dan jika selesai, cobalah untuk merestart perangkat terlebih dahulu.

2. Aktifkan Touchpad yang Disable


Touchpad tidak berfungsi bukan karena rusak, melainkan karena fungsinya di-nonaktifkan. Bisa terjadi karena tanpa sengaja menekan tombol tersebut sehingga membuat touchpad tidak berfungsi.
Caranya carilah tombol di keyboard yang memiliki ikon bergambar touchpad. Touchpad punya sensitivitas yang tinggi, sehingga biarpun tersenggol tidak sengaja oleh tangan, posisi kursor akan berpindah dan merepotkan saat mengetik dokumen.

Untuk mengaktifkan touchpad, dan biasanya klik tombol Fn. Misalnya Fn (+) F5 atau Fn (+) F7. Kebanyakan laptop punya ikon touchpad di tombol F7. Kombinasi ini berguna untuk mengaktifkan kembali fungsi touchpad.

3. Sistem Operasi Corrupt


Sistem operasi juga sangat memengaruhi kinerja touchpad, yang menyebabkan beberapa perangkat termasuk touchpad tidak bisa bekerja karena ada file yang korup atau hilang. Cara mudah memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi yaitu dengan cara melakukan restore sistem operasinya.
Jika tidak berhasil juga, maka sistem operasi anda mungkin perlu direset atau bahkan di instal ulang secara keseluruhan.

4. Cek Pengaturan Laptop 


Touchpad Anda di nonaktifkan melalui pengaturan pada laptop tanpa se-pengetahuan anda. Tekan lambang Windows pada laptop Anda, kemudian ketik ‘mouse’ pada kolom pencarian, kemudian pilih Mouse Setting.

Manfaatkan tombol Tab dan Enter untuk menentukan pilihan. Pada menu Mouse Properties, pilih Device Setting. Di sana Anda akan melihat perangkat touchpad Anda. Klik Tab beberapa kali hingga berada pada pilihan Enable, lalu klik Enter. maka, touchpad Anda sudah berfungsi kembali.

5. Hapus Perangkat Lunak Mouse


Software tersebut dapat membuat touchpad menolak untuk bekerja dengan baik. Hapuslah software mouse tersebut, lalu restart laptop.

Untuk menghapusnya pada Win 7 atau 8 adalah tekan logo Windows di keyboard + R secara bersamaan, lalu ketik “dvmgmt.msc” dan OK. Cari Mice And Other Pointing Device,  klik software yang telah terinstal.

Kemudian klik kanan software tersebut, lalu Uninstall. Setelah itu akan keluar jendela dialog Delete The Driver Software For Device, dan klik OK. Untuk Win 10, dengan klik Control Panel, lalu pilih software yang ingin dihapus. Klik kanan dan pilih Uninstall.

Ternyata caranya sangat mudah, bukan? Itulah cara mudah memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi. Jika kurang paham, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar di bawah ini. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel