Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris dan Tinta Macet Paling Mudah

Bagaimana Cara Mengatasi hasil Printer Bergaris dan Tinta Macet Paling Mudah - Printer sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi seseorang yang bekerja menggunakan komputer, walaupun komputer sudah mendukung penggunaan data yang tidak memerlukan kertas, namun mencetak data menggunakan kertas masih sangat dibutuhkan dengan berbagai macam alasan.

Selain memang sebagai kebutuhan seseorang yang mengharuskan mempunyai perangkat printer, saat ini harga printer sangat ekonomis yang terjangkau untuk dibeli. Memang harga printer tersebut ada beberapa fitur yang disediakan misalnya printer hanya dapat mencetak saja ataupun printer mempunyai multifungsi seperti bisa men-scan dokumen.

Biasanya printer yang sering digunakan wilayah Indonesia adalah jenis printer ink jek alias dengan menggunakan tinta basah dengan beberapa warna yang pada umumnya CMYK. Sesuai dengan namanya yaitu mempunyai empat warna yang bisa mencetak dokumen, foto, dan lainnya akan menghasilkan gambar yang semestinya.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris dan Tinta Macet Paling Mudah

Akan tetapi tidak semua printer yang dimiliki setelah pemakaian secara berkala akan tetap bekerja secara mulus. Ada saja beberapa masalah printer seperti mencetak dokumen bergaris, ataupun tidak sesuai warna yang diinginkan.

Memiliki sebuah perangkat printer sendiri memang mempermudah mencetak dengan kebutuhan sendiri dibandingkan harus pergi ke fotocopy ataupun warnet. Hal ini tentu saja membuang waktu hanya untuk mencetak, Akan tetapi setelah mempunyai perangkat printer sobat harus memahami cara perawatan printer secara berkala.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris


Salah satunya masalah yang sering terjadi , memang sudah lumrah orang tidak heran dengan masalahn yang dialaminya. Namun, bagi pemilik printer yang baru saja mempunyai akan merasa kebingungan bagaimana cara memperbaiki hasil print bergaris tersebut. Pada kali ini saya akan memberi tahu kepada sobat bagaimana cara mengatasi hasil print yang bergaris.

1. Bersihkan Encoder


Encoder merupakan mika panjang yang membentang bagian area catridge lebih tepatnya dibelakang, encoder ini berfungsi sebagai sensor. Jadi, kalau encoder ini kotor bisa mempengaruhi hasil cetak yang tidak maksimal seperti hasil print bergaris.

Untuk membersihkannya sobat cukup menggunakan tissue saja dan bersihkan secara perlahan. Kalau printer sobat mempunyai fasilitas membukanya, pastikan untuk dibuka terlebih dahulu dan rendam di air hangat lalu bersihkan kotoran debu yang menempel sebersih mungkin.

2. Rendam Catridge dengan Air Hangan atau Alkohol


Langkah ini bisa dilakukan kalau tinta dalam catridge menggumpal, hal tersebut bisa menggangu proses percetakan yang terhalangnya tinta baru oleh gumpalan tinta yang mengendap area catridge. Biasanya hal ini terjadi penggunaan printer yang sudah lama akan mengalami hal seperti ini.

Penggumpalan tinta tersebut tentu akan menghambat proses cetak yang tidak akan maksimal walaupun tinta dalam kondisi penuh. Oleh karena itu selain hasil print bergaris, bisa juga hasil cetak akan kosong.

Untuk mengatasinya sobat cukup rendam catridge dengan air hangat atau alkohol. Tidak perlu rendam secara keseluruhan, cukup head saja dari catridgenya.

3. Sedot Tinta dari Catridge


Sebenarnya ini merupakan terusan dari poin kedua yang memang kalau ada tinta kering dalam catridge harus melakukan perendaman beberapas saat. Ketika tinta sudah cair karena efek cairan air hangat ataupun alkohol akan mempermudah membersihkan catridge dengan cepat.

Alangkah baiknya sobat sedot bagian head catridge, dimana yang terdapat tinta menggumpal sampai mengering. Hal tersebut memang akan sulitnya masuk tinta baru ketika mencetak kedalam kertas. Untuk menyedot tinta didalanm head catridege bukan berarti sobat menyedot memakai mulut hehehe, namun usahakan untuk mempunyai alat sedot seperti suntikan.

4. Pastikan Tinta Mengalir Dengan Baik


Ini merupakan kasus yang sering terjadi dalam printer ink jet, seperti poin diatas bahwa dalam catridge terjadi penggumpalan tinta kurangnya masuk ruang udara sehingga tinta tidak bisa mengalir dengan baik.

Seperti pengalaman saya ketikan meniupkan tangki tinta menggunakan suntikan, ternyata tinta balik lagi dan tidak mau mengalir dalam catridget. Tentu hal ini sangat tidak memungkinkan lancarnya dalam menecetak. Untuk mengatasinya anda bisa menirukan pada poin diatas yang telah dijelaskan.

5. Melakukan Head Cleaning 


Berbeda dengan langkah diatas yang mengharuskan untuk membukan dan membersihkan area catridge. Namun, pada langkah ini memang bertujuan sama saja kalau memang kondisi catridge dalam printer anda baik saja.

Melakukan head cleaning printer ini memang sangat dianjurkan minimal sebulan sekali, karena ini langkah awal yang baik dalam perawatan printer secara berkala. Fungsi head cleaning juga bisa untuk melancarkan aliran tinta kedalam catridge.

Untuk melakukan langkahnya anda tinggal menuju Windoes Setting > Device > Printer dan Scanners > Pilih printer yang digunakan seperti EPSON, CANON, HP ataupun lainnya. Setelah itu Manage > Printing preference (untuk epson) atau printing properties (untuk canon). Maka disana anda bisa melakukan cleaning printer. (Baca Juga : Cara Cleaning Printer di Windows 10)

6. Tingkatkan Kualitas Cetak


Hampir seluruh printer menyediakan fasilitas dalam kualitas pencetakan, dimana anda bisa memilih cetak mode rendah akan tetapi proses print yang cepat. Ada juga kualiatas yang tinggi, namun proses print akan sedikit lebih lama.

Nah, untuk kasus hasil print bergaris merupakan terhambatnya atau kurang pemasokan tinta yang cukup. Biasanya orang menggunakan print dalam mode rendah. Berbeda dengan kualitas cetak yang tinggi bisa saja menambah lancar aliran dari tinta kedalam catridge.

Memang menggunakan mode tinggi hasil pencetakan akan mengalami perubahan drastis, misalnya dalam akurasi warna lebih baik. Namun, dengan demikian anda harus menanggung kosekuensi proses cetak akan sedikit lebih lama dari biasanya.

7. Mengganti Catridge


Alat satu ini memang yang sangat penting dalam proses pencetakan kedalam kertas. Jika memang usia printer anda sudah tua, pastikan cek catridge apakah masih berfungsi atau tidak. Memang sudah bertahun-tahun catridge akan mengalam perubahan dalam kualitasnya.

Jika memang catridge memungkinkan untuk diganti, saya sarankan ganti secepat mungkin karena memang bisa menguraingi resiko misalnya tumpah tinta dalam area printer disebabkan bocornya catridge.

Memang dalam seluruh kasus ini jarang terjadi, tidak salahnya untuk mengantisipasi hal tersebut. Kalaupun memang masih layak digunakan, kembali lagi pada penjelasan diatas dengan membersihkan catridge secara berkala.