Iklan Atas Artikel

Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Error ? Berikut Penjelasannya

Keyboard komputer adalah komponen penting dari sistem komputer. Jika tidak menggunakan keyboar maka kita tidak bisa mengoperasi-kan laptop kita karena keyboar merupakan komponen terpenting dalam sistem komputer maupun laptop kita, begitu juga halnya dengan keyboard pada laptop.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Atau Tidak Berfungsi

Kadang kita pasti kesal jika sedang mengerjakan tugas atau deadline tiba-tiba keyboard laptop kita tidak berfungsi seperti biasanya. Banyak faktor yang membuat huruf keyboard laptop kita tidak berfungsi. bisa terjadi karena masalah pada software atau hardware.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Error


Maka dari itu, pada pembahasan artikel kali ini kami akan infokan bagaimana cara mengatasi keyboard laptop yang error.

1. Bersihkan Keyboard dari Debu


Salah satu hal yang membuat keyboard error karena terjadinya penumpukan debu pada keyboard. Maka dari itu, kita harus membersihkan terlebih dahulu membersihkannya dengan cara menyapu keyboardnya dengan alat bersih khusus. Selain itu, miringkan laptop lalu goyangkan laptop tetapi harus diingat laptop harus dalam keadaan mati tidak boleh hidup karena dapat memperparah kerusakan pada keyboard laptop.

2. Update Driver Keyboard


Setelah Update drivernya kemudian cek di notepade apakah sudah jadi atau masih error, jika masih error. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan Win dan R secara bersamaan, kemudian ketikan huruf “msc”.
  • Masuk di tab manajer perangkat atau Ketik “Device Manager” di pencarian.
  • Jika keyboard masih tidak bekerja sama sekali, bisa menggunakan “on-Screen Keyboard” atau keyboard external.
  • Pada saat di tab Device Manager, pilih menu Keyboard dan kemudian klik kanan pada perangkat Keyboard dan klik “Scan for hardware change”.
  • Jika ternyata Windows melakukan instalasi lagi, cobalah untuk merestart laptop dan periksa keyboard sudah bekerja atau belum.

3. Restart Laptop


Dengan melakukan restart biasanya bisa memecahkan masalah secara langsung. Setelah itu periksa keyboard masih bekerja atau error. Jika masih masih error maka harus cek dahulu Driver pada laptop, sudah update atau tidak, karena hal ini dapat berpengaruh pada keyboard. Kemudian restart lagi sudah jadi atau masih error.

4. System Restore 


Jika keyboard laptop berhenti bekerja setelah melakukan instalasi aplikasi baru atau mengubah pengaturan, cobalah melakukan restore Windows. Biasanya hal ini dapat memecahkan masalah cara mengatasi keyboard laptop yang error. Untuk dapat memulihkan sistem, bisa menggunakan cara berikut:

  • Klik menu Start pada desktop bagian kiri bawah, lalu klik Control Panel.
  • Sekarang, pilih menu System and Security kemudian pilih Back up your computer.
  • Selanjutnya, klik Recover system settings or your computer.
  • Langkah terakhir kamu klik Open System Restore.

Selanjutnya ikuti Wizard sederhana untuk melakukan restore windows maka dengan otomatis laptop akan me-restart dengan sendirinya. Setelah itu cek keyboarnya , kemungkinan  akan berhasil jika kesalahan terdapat pada systemnya.

5. Jika Caps Lock selalu aktif


Biasanya kerusakan huruf capslock selalu aktif dan tidak dapat di-edit maupun di nonaktifkan sehingga ketika kita menulis akan muncul huruf besar terus. Ini lah solusinya:

  • Buka Control Panel
  • Pilih Regional & Language
  • Pilih Keyboard & Languages klik change keyboard.
  • Pilih Advance Key Setting, kemudian pilih Change Key Sequence.
  • Setelah itu klik Not Assigned ->OK -> Apply.

Bertujuan untuk mengatur fitur Sticky Keys tidak berfungsi walaupun keadaannya on, bisa dihidupkan kembali dengan cara klik Shift berkali-kali. Setelah mengetahui tips cara memperbaiki keyboard laptop, Jika anda memiliki touchpad tidak berfungsi silahkan baca artikel saya sebelumnya untuk cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi.

Nah itulah penjelasan cara mengatasi keyboard laptop yang error, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi kerusakan pada laptop anda, jika kerusakan masih terjadi walaupun sudah melakukan cara seperti diatas kemungkinan keyboar anda mengalami kerusakan dan harus diganti atau di service ke tempat service. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel