Beberapa Cara Mengatur Kamera Android Untuk Menambah Kualitas Lebih Baik

Kamera android/smartphone saat ini memang lebih diminati oleh banyak orang dan popular dikalangan para fotografi. Selain mudah digunakan, kamera smartphone Android terkenal menghasilkan gambar yang tidak kalah jernih dan juga tidak pecah.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang lebih menggunakan kamera smartphone Android dibandingkan dengan kamera DSLR. Tapi sayangnya walaupun ada yang hampir sama kualitasnya dengan DSLR tapi ada juga yang masih kalah.

Meskipun begitu, tidak semua HP memiliki kualitas kamera yang sama sehingga hal ini memicu para konsumen untuk mencari tahu seperti apa cara menambah megapixel kamera HP Android sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih baik. Biasanya resolusi kamera pada smartphone android sekitar 3 MP – 16 MP.

Beberapa Cara Mengatur Kamera Android Untuk Menambah Kualitas Lebih Baik


Nag berikut merupakan beberapa cara untuk menambah megapixel kamera android yang bisa kamu gunakan.

1. Pengaturan Kamera


Salah satu cara yang menjadi dasar adalah kamu harus paham tentang pengaturan manual pada kamera bawaan android, seperti yang sudah kita ketahui banyak fitur kamera yang terdapat menu-menu pilihan pada layer untuk meningkatkan resolusi megapixel.

Cara mengatur mulai dari tingkatan resolusi yang paling tinggi atau HD, dan juga dapat mengatur kontras maupun efek lainnya yang akan menghasilkan gambar yang maksimal. Semakin besar kualitas jepretan pada kamera akan semakin besar ukuran dari foto tersebut, artinya kamu harus siapkan ruang memori lebih untuk penyimpanannya.

2. Sesuaikan Brightness


Brightness atau kecerahan foto sangat menentukan kualitas foto Kamu. Brightness yang sesuai akan membuat foto Kamu lebih indah. Mengatur penataan pencahayaan pada kamera android yang baik memang biasa banyak dilewatkan oleh banyak pengguna karena biasanya sudah diatur dan dijalankan secara otomatis.

Hindari pengaturan brightness yang terlalu terang atau terlalu gelap. Kamu dapat menggunakan fitur autobrightness jika tidak ingin repot melakukan pengaturan manual. Sebaiknya amati kondisi sekitar kamu, apabila terlalu gelap atau terlalu cerah kamu dapat memposisikan pada tempat yang memiliki pencahayaan yang lebih baik.

3. Fitur burst atau mode panorama


Fitur kamera bawaan android yaitu dengan menggunakan fitur burst atau bahkan menggunakan mode panorama, ini merupakan cara yang sangat efektif digunakan sebagai cara untuk menambah megapixel kamera android.

Tidak semua smartphone android dilengkapi dengan fitur atau mode tersebut. Meski begitu, kamu masih bisa menggunakannya dengan cara memakai aplikasi AutoStitch Panorama Pro.

4. Menggunakan Aplikasi


Beberapa aplikasi kamera visual DLSR dan aplikasi kamera efect banyak tersedia secara gratis maupun berbayar di google play store. Namun dengan beberapa orang lebih memilih aplikasi yang gratis, hal ini juga sudah sangat lumayan dapat meningkatkan kualitas gambar.

Beberapa contoh aplikasi untuk menambah megapixel smartphone android kita yaitu, Aplikasi Camera MX, Aplikasi Camera FV-5, Aplikasi HD Camera Ultra dan masih banyak yang lainnya.

5. Attachable lensa


cara untuk menambah megapixel kamera android selanjutnya adalah dengan menggunakan attachable lensa.

Solusi lain yang mungkin dapat kamu gunakan yaitu dengan memakai lensa tambahan, namun perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa tidak semua jenis merk smartphone compatible dengan lensa tambahan.

Attachable lensa akan berguna untuk membantu mendapatkan gambar yang lebih jernih atau juga bisa digunakan sebagai pengganti lensa kamera HP android kamu yang rusak. Jadi dengan menggunakan attachable lensa, maka kamu tidak perlu repot-repot membawa kamera DSLR karena hasil dari jepretan kamu akan jernih dan tidak blur atau pecah.

Begitulah beberapa tips cara mengatur kamera smartphone agar bisa menambah kualitas menjadi lebih baik lagi ketika mengambil gambar. Jika memang bermanfaat jangan lupa untuk share kepada orang yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih