Cara Editing Video Green Screen di Adobe Premiere Pro

Cara Mengedit Video Green Screen di Adobe Premiere dengan Mudah - Assalamu'alaikum sahabatku sekalian, pada kesempatan baik ini saya akan membagikan ilmu tentang video editing di pc.

Sudah lama rasanya saya tidak lagi mengulas tentang tutorial editing video di premiere, tema tersebut telah berhasil mengenalkan blog saya melalui mesin pencari dengan posisi strategi atau page one.

Tema yang di angkat kali ini editing video dengan Green Screen, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan video ini.

Pasalnya pembuatan film yang epic dari luar negeri seperti Avengers dan lainnya menggunakan teknologi Green Screen.

Jadi shoting film orang tersebut latar belakang menggunakan berupa kain atau berwarna hijau, yang di ambil pada proses editing cuman objeknya saja.

Bentar, apakah kaliah sudah mengerti tentang definisi video green screen ?

Kalau tidak, yuk kita bahas sedikit saja apa alasan menjadi harus menggunakan green screen.

Dalam penerapan sebuah efek video dan teknologi, kita dapat membuat obyek terhadap virtual background atau latar belakang penuh manipulasi animasi digital.

Jadi efek visualisasi tersebut akan dimanfaatkan seperti pembuatan video aksi superhero yang terbang misalnya diganti dengan background langit, ataupun membuat video fantasi sekalipun.

Cara Mengedit Video Green Screen di Adobe Premiere - Assalamu'alaikum sahabatku sekalian, pada kesempatan baik ini saya akan membagikan ilmu tentang video editing di pc.    Sudah lama rasanya saya tidak lagi mengulas tentang tutorial editing video di premiere, tema tersebut telah berhasil mengenalkan blog saya melalui mesin pencari dengan posisi strategi atau page one.    Tema yang di angkat kali ini editing video dengan Green Screen, pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan video ini.    Pasalnya pembuatan film yang epic dari luar negeri seperti Avengers dan lainnya menggunakan teknologi Green Screen.    Jadi shoting film orang tersebut latar belakang menggunakan berupa kain atau berwarna hijau, yang di ambil pada proses editing cuman objeknya saja.    Bentar, apakah kaliah sudah mengerti tentang definisi video green screen ?    Kalau tidak, yuk kita bahas sedikit saja apa alasan menjadi harus menggunakan green screen.    Dalam penerapan sebuah efek video dan teknologi, kita dapat membuat obyek terhadap virtual background atau latar belakang penuh manipulasi animasi digital.

Untuk membuat itu menggunakan sebuah latar berwarna hijau, ya atau biasa disebut dengan "Green Screen". Kenapa sih harus berwana hijau atau green screen ?

Latar hijau atau green screen ini banyak orang yang menggunakan istilah chromakeying dan greenscreening, akan tetapi pada prinsipnya area chorominance key tidak terbatas pada spektrum hijau saja.

Tentunya membuat efek visualisasi dalam film Hollywood tidak menggunakan latar hijau saja, melainkan ada juga menggunakan latar biru.

Intinya mau menggunakan warna apapun seperti merah, kuning, ungu sekalipun bisa, lah bentar-bentar tapi kok tetap latar hijau atau green screen yang di pilih ?

Faktor terbesar adalah Kontras, dalam rangka untuk mengisolasi satu area yang lain, warna latar belakang harus berbeda. Warna hijau lah yang memang lebih efektif dalam menyeimbangkan antara kontras dan pencahayaan dengan objek utama.

Cara Edit Video Green Screen di Adobe Premiere


Disini saya hanya akan menjelaskan tutorial editing video saja tidak sampai cara membuat video green screennya.

Untuk footage atau bahan videonya anda bisa membuat sendiri ataupun cari saja di youtube, banyak tersedia objek green screen gratis dan anda bisa gunakan untuk latihan anda yang pertama kali.

Kita hanya menggunakan beberapa effect saja yang sudah tersedia di adobe premiere pro, jadi tanpa harus download effect seperti preset tambahan. Untuk tutorial edit video green screen dibawah ini.

Jika anda memang baru pertama kali mengedit video, silahkan baca terlebih dahulu cara mengedit video di premiere untuk pemula.

Baca Juga : Cara Membuat Video Light Effect di Premiere Pro

Cara Edit Video Green Screen di Adobe Premiere


1. Buka Adobe Premiere > Atur Folder dan Pilih resolusi sesuai video yang Anda gunakan.

2. Silahkan untuk membuat Squance baru.

3. Import video footage green screen dengan cara menuju menu File > Import (Ctrl + I).

4. Tarik video footage kedalam kolom Source, seperti dibawah ini.


5. Setelah itu, cut video yang dibutuhkan. Jika sudah kita Tarik saja menuju Timeline.


6. Langkah bagian ini sangat penting, kita akan menambahkan Effect untuk menghilangkan warna hijau.

Pilih panel menu Effect > Video Effects > Keying > Ultra Key atau anda bisa langsung mencarinya di kolom pencarian. Jangan lupa Effect tersebut seret atau drag menuju video yang akan di keying.


7. Lanjut, kita akan atur pada kolom Effect Cotrols > Key Color kita mainkan dengan merubah dari warna hitam ke warna sesuai background video yang digunakan.

Gunakan Pentool untuk klik warna background pada video, secara otomatis Key Color akan berubah menjadi seperti warna green screen atau warna background lainnya.


Nah apakah berubah ? Kenapa menjadi warna hitam ? 

Sebetulnya kalau di sebuah gambar itu seperti format PNG yang memiliki background transparan. Oleh karena itu, kita bisa menambahkan background apapun sesuai keinginan.


8. Seperti ini, saya misal akan menambahkan gambar yang memang sesuai singa itu tinggal. cara menambahkan background tambahan, Anda hanya memerlukan footage tambahan berupa video ataupun gambar.

Pastikan objek dari green screen tersebut berada timeline paling atas ya sob, karena kalau tidak.. akan tertutup oleh background itu sendiri.

Atur video berada panel Effect Controls, disana Anda bisa memainkan ukuran dari video yang anda buat.


Untuk hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini yang telah saya atur sedemikian rupa dengan Effect Controls.


Mungkin itu saja beberapa penjelasan dari saya tentang cara mengedit video green screen menggunakan adobe premiere pro. Jika memang anda mempunyai trik khusus, yuk kita sharing dengan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Export Video di Adobe Premiere Pro