Cara Membuat GOOGLE FORM Untuk Survey Online dengan Mudah

Bagaimana Membuat Google Formulir Untuk Survey ? - Assalamu'alaikum sahabatku yang terbaik, Atas izin Allah disini saya diberi kesempatan waktu untuk sharing sedikit ilmu cara membuat google form dengan mudah.

Tujuan penggunaan google formulir ini biasanya untuk survey mengumpulkan sebuah data informasi berupa identitas, biodata, informasi dan masih banyak lainnya.

Membuat google formulir kali ini untuk survey yang bagi Anda sebagai mahasiswa biasanya ditugaskan survey dengan melampirkan pertanyaan kepada masyarakat.

Keakuratan data ini memang bisa dikatakan sebuah penelitian yang memang tidak harus terjun langsung ke masyarakat, melainkan menggunakan memanfaatkan teknologi saat ini tetapi bisa memenuhi kriteria survey.

Untuk penggunaan survey online ini sangat mudah sekali, karena layanan ini disediakan oleh google dan pastinya Anda harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu.

Tidak diragukan lagi pastinya Anda sudah mempunyai akun gmail, karena salah satu syarat pengguna android harus mempunyai akun email google.

Pada dasarnya saya membuat google formulir ini termotivasi dari teman-teman saya yang memang mereka kebingungan pertama kali untuk membuat google form.

Walaupun setelah mereka tahu, tetapi ada beberapa yang keliru misal penyebaran link dan sebagainya. Oleh karena itu izinkan saya untuk membimbing Anda untuk lebih paham.

Cara Membuat Google Formulir dengan Mudah


Layanan dari google ini memang gratis tanpa harus membayar sepeserpun. Google form sudah terkoneksi dengan drive google, Jadi data yang telah dibuat tidak akan hilang begitu saja, karena secara otomatis akan terbackup ke drive google anda.

Baca Juga : Cara Uploud dan Membagikan File di Google Drive

Langkah Pertama

Silahkan anda kunjungi google form di link berikut https://www.google.com/forms/about/

Jika sudah mengunjungi link tersebut, pilih button menu "Buka Google Formulir".


Google from tidak menyediakan untuk formulir saja, tetapi juga memberi layanan online dokumen, spreadsheet dan slides.

Langkah Kedua

Untuk tampilan awal dari google formulir ini seperti dibawah ini. Google sudah menyediakan format berupa kebutuhan seperti Informasi Kontak, Pendaftaran, RSVP, Undangan Pesta atau Kosong untuk disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Namun, secara umum orang membutuhkan mengumpulkan berupa data informasi kontak dan beberapa pertanyaan. Oleh karena itu, kita pilih Kosong saja.


Langkah Ketiga

Bebas juga sih Anda mau milih yang mana sesuai kebutuhan yang akan digunakan, kalau memang memilih kustom alias diatur sendiri isi dari google form nya mungkin bisa memilih Kosong saja.

Setelah itu, tampilan secara default akan menampilkan opsional seperti dibawah ini yang terdapat alamat email dan Pernyataan tanpa judul.



Cara Merubah Tema di Google Form


Kalau baru mengenal dengan google form akan kebingungan untuk merubah temanya, kalau anda mempunyai gambat tertentu yang memang untuk di cantumkan di google formulir bisa pilih Icon Tema > Disana anda dapat mengatur warna dan background gambar.


Contohnya seperti ini tampilan merubah background google formulir, ini saya gunakan gambar bawaan dari formulir google itu sendiri.

Berbeda dengan custom yang memang akan mengunggah gambar dari komputer anda, bisa dilihat perbedaan dibawah pada kolom Profesi Saat Ini.

Saya memberikan contoh slot pilihan relevan, memang tergantung kebutuhan yang ingin ditanyakan kepada semua orang sesuai survey yang anda rencanakan.


Kita akan klik button sebelah judul, Ada banyak pilihan seperti Jawaban Singkat, Paragraf, Pilihan ganda, Kotak Centang, Tarik-turun, Uploud file dan lainnya.

Google form memang sudah menyediakan itu semua untuk keperluan survey, ini kembali lagi sesuai kebutuhan anda.


Jika anda ingin menambah kolom pertanyaan, bisa pilih button Tambahkan Pernyataan.


Cara Membagikan Google Formulir


Ini sangat sederhana, Anda tinggal menuju tombol Kirim > Pilih dengan Tautan dan Perpendek URL.

Jangan lupa untuk pengaturan setelah ke publik, kalau tidak nanti setiap orang mengakses google form anda harus meminta izin.


Tampilan dari google formulir seperti dibawah ini, Anda dapat menambahkan apa saja dan dibawah ini sebagai contoh saja.


Bagaimana hasil dari tanggapan survey google formulir ?

Ini sangat menarik, google formulir sudah menyediakan tampilan berupa statistik seperti diagaram dan lainnya. Anda bisa melihat itu di menu tanggapan setelah membuat google formulir.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube dengan Cepat

Mungkin itu saja beberapa penjelasan singkat cara membuat google form dengan mudah, hal ini saya diperuntukan pemula saja. Semoga bermanfaat.