Cara Scan Dokumen Hardcopy Menjadi PDF, Gambar di Hp Android

Cara Scan Lembaran Kertas Menjadi File Softcopy di Android - Assalamu'alaikum sahabatku sekalian semoga hari yang menyenangkan, pada kesempatan waktu yang baik ini saya akan menjelaskan sedikit ilmu bagaimana sih cara scan dokumen berupa kertas menjadi file digital ?

Ini memang sangat memudahkan bagi Anda tidak harus scan menggunakan alat scanner, kita hanya membutuhkan sebuah perangkat smartphone saja.

Scan dokumen menggunakan android ini bisa dilakukan ketika anda sedang darurat, langkah ini memang akan menjadi solusi walaupun hasilnya tidak akan sebagus dengan scanner.

Cara Scan Lembaran Kertas Menjadi File Softcopy di Android - Assalamu'alaikum sahabatku sekalian semoga hari yang menyenangkan, pada kesempatan waktu yang baik ini saya akan menjelaskan sedikit ilmu bagaimana sih cara scan dokumen berupa kertas menjadi file digital ?    Ini memang sangat memudahkan bagi Anda tidak harus scan menggunakan alat scanner, kita hanya membutuhkan sebuah perangkat smartphone saja.     Scan dokumen menggunakan android ini bisa dilakukan ketika anda sedang darurat, langkah ini memang akan menjadi solusi walaupun hasilnya tidak akan sebagus dengan scanner.


Sebetulnya kita hanya menggunakan aplikasi saja, tanpa harus membeli perangkat bantuan lainnya. Hanya saja harus pintar mengambil gambar yang sesuai kondisi.

Scanner sudah menjadi aktifitas yang sangat dibutuhkan, apalagi anda seorang pekerja kantoran, mahasiswa dan lainnya yang bersangkutan dengan dokumen apapun itu.

Pastinya sebelum mengetahui menggunakan aplikasi, anda terpaut dengan alat scanner yang harus di gunakan scan dokumen kertas.

Akan tetapi dengan adanya teknologi saat ini berbegai kemudahan untuk kita yang memang sangat membantu untuk waktu kita lebih produktif.

Cara Scan Dokumen Hardcopy Menggunakan HP Android


Sebelum melakukan scanner dokumen, alangkah baiknya kita harus mengetahui aplikasi apa yang harus diinstal.

Harus anda ketahui..

Metode ini sangat mirip dengan memfoto dokumen seperti biasanya, akan tetapi menggunakan aplikasi khusus ini hasil gambar akan berbeda dengan kamera biasa.

Jadi.. Cara kerja aplikasi ini akan mengolah gambar menjadi file PDF atau gambar format sesuai keinginan.

Hasil gambar dari aplikasi akan mirip dengan hasil dari alat scanner.

Ketika anda memfoto dokumen dari manapun angel yang di ambil, hasil akan terlihat datar dan memang seperti yang di scan biasanya.

Apakah sangat rekomendasi ?

Kalau tanggapan saya, metode ini memang sangat membantu sih bagi anda yang tidak mempunyai alat scanner atau scanner yang sudah satu paket dengan printer.

Penggunaan Aplikasi Scan Dokumen di HP Android

Tanpa lama lagi, kita harus langsung pratik ya hehe.. Kalian bisa ikuti langkah dibawah ini step by step ya.

Kita akan menggunakan aplikasi produk dari Microsoft, ya tentu kita sudah tidak heran lagi dengan perusahan ini.

Anda tinggal ketik saja di Google Play Store "Microsoft Office Lens". Atau Anda bisa klik kata kunci tersebut.


Tagline nya sudah kita ketahui "PDF Scanner" dan digunakan untuk produktifitas.

Microsoft Office Lens sudah mempunyai rating yang cukup tinggi sekitar 4.7 dari 328 ribu ulasan dengan lebih dari 10 juta unduhan, jadi saya rekomendasikan aplikasi scanner untuk digunakan oleh anda.

Aplikasi ini cukup ringan hanya menggunakan memori internal sebesar 30 Mb saja, dan dapat digunakan di hp android apa saja.

Cara Scan Dokumen di HP Android :

1. Instal Aplikasi Microsoft Lens dan buka

2. Ketika sudah berada di kamera, anda bisa memilih mode Dokumen, Papan Tulis, Kartu Nama, dan Foto.

3. Susuaikan pengmabilan gambar dengan dokumen.

4. Anda bisa menyimpan file dengan format PDF, JPEG atau PNG dan bisa di uploud di OneDrive.

5. Jika gambar, secara otomatis akan menyimpan di Galery ponsel Anda.

Sepertinya tanpa harus dilampirkan gambar anda akan mengerti, karena pada play store sudah terdapat keterangan cara pemakaian aplikasi tersebut.

Penggunaan aplikasi untuk scan dokumen ini disarankan anda mempunya cahaya yang memungkinkan karena kualitas cahaya merupakan kualitas hasil dari scan.

Oh iya bagi anda yang memang belum mengistall aplikasi dan kesini memang pengen melihat hasil dari scan dokumen di hp android saja, saya akan menyediakan gambar dibawah ini.

Tampilan ketika ingin scan dokumen kertas, secara otomatis ada tampilan tangkapan gambar yang akan diambil.


Hasilnya akan seperti apa ? Ketika anda sudah memotret atau mengambil gambar hasilnya akan rapi seperti di scan di alat scanner. Menarik bukan ?


Nah penyimpanan dari file tersebut, Anda dapat memilih seperti Galery berupa gambar, PDF, OneNote, OneDrive, Word, dan Power Point.


Itulah beberapa tampilan cara penggunaan aplikasi scan dokumen terbaik menurut saya. Produk microsoft memang sudah terkenal software produktifitas.

Baca Juga : Cara Kirim Aplikasi Menjadi APK di HP Androdi Melalui Whatsapp

Jika anda mempunyai ide dan penggunaan aplikasi lainnya silahkan komentar dibawah ini, kita akan diskusi dan sharing bareng untuk saling bertukar pikiran dalam pengetahuan. Terima kasih